Elite Partai Demokrat Datangi Hambalang Minggu Sore Ini 17 September 2023, Merapat Ke Prabowo?

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan membenarkan kabar bahwa para Ketum Koalisi Indonesia Maju (KIM) dikabarkan akan melakukan pertemuan di kediaman Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor pada Minggu sore nanti (17/9/2023).

oleh Devira PrastiwiDelvira Hutabarat diperbarui 17 Sep 2023, 14:41 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2023, 14:40 WIB
Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan membenarkan kabar bahwa para Ketum Koalisi Indonesia Maju (KIM) dikabarkan akan melakukan pertemuan di kediaman Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor pada Minggu sore nanti (17/9/2023).
Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan membenarkan kabar bahwa para Ketum Koalisi Indonesia Maju (KIM) dikabarkan akan melakukan pertemuan di kediaman Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor pada Minggu sore nanti (17/9/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Para Ketua Umum (Ketum) Koalisi Indonesia Maju (KIM) dikabarkan akan melakukan pertemuan dengan Partai Demokrat di kediaman Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor pada Minggu sore nanti (17/9/2023).

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan pun membenarkan kabar bahwa pertemuan akan digelar pada pukul 16.00 WIB dan dihadiri Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Benar," kata Syarif saat dikonfirmasi, Minggu (17/9/2023).

Diketahui, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengungkapkan, Partai Demokrat siap bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Partai Amanat Nasional merasa senang, gembira, haru, dan bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena Partai Demokrat menyatakan siap sedia bekerjasama, bergabung, dan berjuang bersama-sama di Koalisi Indonesia Maju (KIM)," kata Viva kepada wartawan, dikutip Minggu (17/9/2023).

Viva menyebut semua parpol di KIM menyambut kedatangan Partai Demokrat dengan gembira dan penuh suka cita.

"Ini adalah kabar gembira buat kami di KIM. PAN, Golkar, Gerindra, PBB, dan Gelora menyambut PD dengan suka cita," ungkap dia.

Bergabungnya Partai Demokrat, membuat KIM kian optimis menang di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Viva menyebut kehadiran Demokrat menambah kekuatan dan elektoral KIM.

"PAN merasa semakin optimis dengan kehadiran PD akan menambah kekuatan politik dan energi baru yang semakin membuka peluang besar untuk memenangkan pilpres 2024," pungkas Viva.

 


Golkar Ungkap Parpol Biru Bakal Merapat ke Koalisi Prabowo, Demokrat?

Dua Kubu Golkar Rebutan Ruang Fraksi
Dave Laksono anggota Partai Golkar dari kubu Munas Ancol memberikan keterangan kepada awak media terkait kisruh perebutan ruang fraksi di kantor fraksi P.Golkar, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jum'at (27/3/2015). (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar Dave Akbar Laksono mengungkap, ada partai berwarna biru yang akan bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM). Dave mengatakan, ciri partai biru tersebut dipimpin pria tampan yang muda.

"Ada partai biru, partai berwarna biru partai warna biru yang dipimpin oleh seorang, apa namanya ya oleh seorang pria yang amat tampan dan muda," kata Dave di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, dikutip Sabtu 16 September 2023.

Menurut Dave, partai biru tersebut akan segera mendeklarasikan bergabung ke Koalisi pengusung bacapres Prabowo Subianto.

"Harus segera harus segera karena kan tanggal 10 (Oktober 2023) kita sudah pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden," ucapnya.

Dave mengaku komunikasi pihaknya dengan partai biru tersebut tak pernah berhenti. Dia berkata, jika sudah sepakat bergabung, KIM akan mengumumkannya.

"Nanti di jadwalkan nanti kita jadwalkan yang pasti itu materi atau pun juga pembahasan-pembahasannya sudah matang nanti ketika waktu yang tepat akan kita ungkapkan," pungkasnya.

 


Demokrat-Golkar Punya Sejarah Panjang

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat (Bakomstra) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra,
Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat (Bakomstra) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, (Foto: dokumentasi Demokrat)

Sementara, Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, tidak menutup kemungkinan partainya merapat ke Koalisi Prabowo yang terdiri dari Gerindra, Golkar, PAN, PBB dan Gelora.

Menurutnya, Demokrat punya sejarah panjang dengan Golkar pada era pemerintahan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. Saat ini juga hubungan Agus Harimurti Yudhoyono dan Airlangga Hartarto terjalin cukup dekat.

"Mungkin saja. Kita punya sejarah panjang bersama Golkar dulu di pemerintahan era Pak SBY 2004-2014. Lalu, hubungan pribadi Mas AHY dan Pak Airlangga juga cukup dekat," kata Herzaky melalui pesan tertulis kepada merdeka.com, Jumat 15 September 2023.

"Begitu juga dengan teman-teman PAN.Mungkin saja kali ini kita bisa bersama mendukung Pak Prabowo," sambungnya.

Namun, Herzaky mengatakan, hubungan Demokrat dan PDIP juga terjalin baik. Dia berkata, AHY dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menjalin komunikasi yang baik.

"Dengan teman-teman PDIP juga kita punya hubungan baik. Komunikasinya berjalan dengan lancar. Mas AHY pun hubungannya baik dengan Mbak Puan," ucapnya.

"Keduanya sesama pemimpin muda yang punya jejak rekam yang sangat baik di medan pengabdian masing-masing," kata Herzaky.

Infografis Ragam Tanggapan Menerka Manuver Demokrat di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Menerka Manuver Demokrat di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya