5 Respons Gibran Rakabuming Raka Usai Diusung Golkar Jadi Bakal Cawapres Pendamping Prabowo

Partai Golkar telah resmi mengusulkan bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024, yaitu Gibran Rakabuming Raka.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 21 Okt 2023, 17:05 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2023, 17:05 WIB
Partai Golkar telah resmi mengusulkan bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024, yaitu Gibran Rakabuming Raka.
Partai Golkar telah resmi mengusulkan bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024, yaitu Gibran Rakabuming Raka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Golkar telah resmi mengusulkan bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024, yaitu Gibran Rakabuming Raka.

"Mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangakan dengan Pak Prabowo sebagai calon wakil presiden RI," ujar Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Rapimnas II Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi sekaligus Wali Kota Solo itu pun nampak hadir rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Golkar.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Gibran tiba di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta Barat pukul 12.49 WIB. Gibran tampak mengenakan kemeja batik.

Gibran pun menerima keputusan Rapimnas Golkar yang mengusulkannya menjadi calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto. Dia mengatakan, akan segera koordinasi dan tindaklanjuti keputusan Rapimnas Golkar tersebut dengan Prabowo.

"Saya sangat apresiasi keputusan Rapimnas untuk selanjutnya akan kami kordinasikan akan kami tindaklanjuti dengan Pak Prabowo," ujar Gibran di kantor DPP Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Airlangga Hartarto telah menyerahkan surat rekomendasi hasil Rapimnas kepada Gibran. Surat itu merupakan deklarasi dukungan Golkar terhadap pasangan Prabowo-Gibran.

Gibran menyampaikan terima kasih atas dukungan Golkar kepada dirinya.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar Golkar," kata Gibran.

Berikut sederet respons putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga merupakan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka diusulkan Partai Golkar menjadi bakal cawapres mendampingi bakal capres Prabowo Subianto dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Terima Putusan Golkar Diajukan Jadi Cawapres Prabowo

Gibran Rakabuming Raka
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) didampingi Sekjen Lodewijk Freidrich Paulus (kanan) menyerahkan surat keputusan Rapimnas ke-2 Partai Golkar kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (21/10/2023). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menghadiri rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Gibran tiba di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta Barat pukul 12.49 WIB. Gibran tampak mengenakan kemeja batik. Adapun bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto telah hadir lebih dulu ke rapimnas Partai Golkar.

Gibran mengaku menerima keputusan Rapimnas Golkar yang mengusulkannya menjadi calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto. Dia mengatakan, akan segera koordinasi dan tindaklanjuti keputusan Rapimnas Golkar tersebut dengan Prabowo.

"Saya sangat apresiasi keputusan Rapimnas untuk selanjutnya akan kami kordinasikan akan kami tindaklanjuti dengan Pak Prabowo," ujar Gibran di kantor DPP Golkar, Sabtu (21/10/2023).

 


2. Sampaikan Terima Kasih pada Partai Golkar

Gibran Rakabuming Raka
Gibran Rakabuming Raka menerima keputusan Rapimnas Golkar yang mengusulkannya menjadi calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kemudian, Gibran Rakabuming Raka pun telah menerima hasil rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Golkar perihal usulan bakal cawapres pendamping Prabowo Subianto.

Hasil rapimnas ini diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto kepada Gibran yang hadir di Kantor DPP Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Gibran menyampaikan apresiasi kepada Partai Golkar atas hasil rapimnas yang mengusung dirinya sebagai cawapres pendamping Prabowo.

"Saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar Partai Golkar, saya sangat mengapresiasi hasil rapimnas," ucap Gibran.

 


3. Akui Sudah Bicara ke PDIP Sebelum Hadiri Rapimnas Golkar

Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka
Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menghadiri rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Golkar, Sabtu (20/10/2023). (Foto: Lizsa Egeham/Liputan6.com).

Gibran mengaku sudah bertemu dengan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani, sebelum menghadiri Rapimnas Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Namun, Wali Kota Solo itu tak mengungkapkan apa isi pembicaraannya dengan Puan.

"Sudah, sudah komunikasi ya (dengan Ketua DPP PDIP Puan)," kata Gibran.

Dia tak menjawab saat ditanya apakah kedatangannya ke Rapimnas Partai Golkar sudah mendapat restu dari PDIP.

Terlebih, Rapimnas Partai Golkar menghasilkan keputusan mendukung Gibran menjadi bacawapres pendamping Prabowo Subianto.

 


4. Bakal Segera Koordinasi dengan Prabowo

Gibran Rakabuming Raka
Surat itu merupakan deklarasi dukungan Golkar terhadap pasangan Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Gibran menyampaikan apresiasi kepada Partai Golkar atas hasil rapimnas yang mengusung dirinya sebagai cawapres pendamping Prabowo.

Wali Kota Solo itu mengaku akan segera berkoordinasi dengan Prabowo terkait hasil rapimnas tersebut.

"Saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar Partai Golkar, saya sangat mengapresiasi hasil rapimnas, untuk selanjutnya akan kami koordinasikan, akan kami tindaklanjuti bersama dengan Pak Prabowo," terang Gibran.

 


5. Akan Temui AHY-SBY di Cikeas?

Gibran Rakabuming Raka
Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu menghadiri rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Golkar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Gibran menjawab kabar dirinya akan bertemu dengan Ketua Majelis Kehormatan Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Cikeas Jawa Barat, Sabtu (21/10/2023). Namun, Gibran tak memberi jawaban pasti terkait kabar tersebut.

"Ntar kalian (malah) nyusul ya," kata Gibran.

Dia menolak memberi jawaban soal kabar dirinya akan berkunjung ke Cikeas. Gibran berkelakar meminta agar awak media tak ikut meliput ke Cikeas.

"Enggak usah ya," jelas Gibran.

Infografis Tudingan Politik Dinasti dan Klarifikasi Gibran Rakabuming. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Tudingan Politik Dinasti dan Klarifikasi Gibran Rakabuming. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya