Atikoh Pastikan Ganjar-Mahfud Md Berantas Kemiskinan dan Stabilkan Harga Pangan

Istri calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Suprianti mengajak para relawan yang tergabung dalam Perempuan Indonesia Pilih Ganjar (PIJAR) untuk lebih efektif berkampanye.

oleh Devira PrastiwiNanda Perdana Putra diperbarui 16 Des 2023, 12:35 WIB
Diterbitkan 16 Des 2023, 12:35 WIB
Istri calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Suprianti mengajak para relawan yang tergabung dalam Perempuan Indonesia Pilih Ganjar (PIJAR) untuk lebih efektif berkampanye.
Istri calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Suprianti mengajak para relawan yang tergabung dalam Perempuan Indonesia Pilih Ganjar (PIJAR) untuk lebih efektif berkampanye. (@atikoh.s)

Liputan6.com, Jakarta - Istri calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Suprianti mengajak para relawan yang tergabung dalam Perempuan Indonesia Pilih Ganjar (PIJAR) untuk lebih efektif berkampanye.

Salah satunya, kata dia, dengan melakukan sosialisasi terhadap program pengentasan kemiskinan dan stabilitas harga pangan dari pasangan capres dan calon wakil presiden (cawapres) Ganjar-Mahfud Md.

"Jadi, kita harus bisa memetakan wilayah mana yang ibu masuki. Misalnya, ketika ibu ke pasar, tentu berbeda dengan kegiatan talkshow. Kemudian ketika masuk ke masyarakat, itu isu yang ditampilkan atau isu yang kita bawa itu berbeda," ujar Atikoh Ganjar di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (16/12/2023).

Dia mengingatkan, Ganjar Pranowo-Mahfud Md memiliki program untuk mewujudkan stabilitas harga pangan, salah satunya dengan menekankan sektor distribusi.

"Kemudian padi ini juga signifikan kenaikannya. Itu ibu bisa sampaikan. Ketika Pak Ganjar dan Pak Mahfud memimpin negara ini, tujuan utamanya menstabilkan harga. Kalau diceritakan hulu dan hilir agak complicated, intinya adalah pendistribusian diatur negara," ucap Atikoh.

"Ketika panen, negara hadir, ketika paceklik maka panen kemarin dikeluarkan agar harganya adil, karena petani butuh harga adil. Misalnya, petani harga bawang merah Rp 30 ribu perkilo, September kemarin Rp8.000 perkilo, padahal agar petani mendapatkan keuntungan minimal Rp 16 ribu perkilo. Mereka sudah mendapat untung. Kasihan petani kalau harga rendah. Bagi kita penting harga stabil," sambungnya.

 


Kampanyekan Pengetasan Kemiskinan

Pada hari ketiga safari politiknya, istri Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atiqoh Supriyanti mengawali kegiatan bertemu petani dari Kelompok Wanita Tani (KWT) di Balai Roro Jonggrang, Kulon Progo, Yogyakarta, Rabu (6/12/2023).
Pada hari ketiga safari politiknya, istri Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atiqoh Supriyanti mengawali kegiatan bertemu petani dari Kelompok Wanita Tani (KWT) di Balai Roro Jonggrang, Kulon Progo, Yogyakarta, Rabu (6/12/2023). (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Atikoh juga meminta relawan Pijar untuk mengampanyekan pengentasan kemiskinan saat berdialog selama blusukan. Program Ganjar-Mahfud sendiri memang memberantas kemiskinan dari hulu, yakni lewat peningkatan pendidikan.

"Nah, apa program Ganjar-Mahfud menurunkan kemiskinan? Pertama kalau kita bicara kemiskinan, penanggulangan kemiskinan yang harus diselesaikan dari akar ialah pendidikan. Wajib belajar 12 tahun. Ketika ada wajib di sini, berarti UU harus berpihak bahwa pendidikan dari SD sampai SMA gratis," ungkap dia.

"Kemudian pendidikan informal juga, pelatihan untuk ibu-ibu dan remaja agar mereka bisa berwirausaha. Kemudian yang perlu di-blow up ialah untuk keluarga miskin itu Ganjar-Mahfud punya program Satu Keluarga Miskin, Satu Sarjana. Saya termasuk orang yang agak perjuangannya cukup berat ketika sekolah," Atikoh menandaskan.

Siti Atikoh Bantu Ganjar Pranowo Siapkan Psikologis Jelang Debat Capres

Sebelumnya, istri dari calon presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo, Siti Atikoh menyatakan ikut membantu sang suami mempersiapkan diri dari sisi psikologis jelang debat perdana capres pada Selasa, 12 Desember 2023.

"Saya lebih ke mempersiapkan dari sisi psikologisnya," kata Atikoh ditemui usai menghadiri Senam Sicita PDIP di alun-alun Serang, Banten, Senin 11 Desember 2023.

Dia menyampaikan, dari persiapan lainnya, Ganjar Pranowo-Mahfud Md sepenuhnya siap mengikuti tahapan debat yang telah dicanangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Insyaallah kalau Mas Ganjar sama Pak Mahfud sudah siap, insyaallah," kata Atikoh.

Adapun debat perdana antar capres akan berlangsung esok hari di Kantor KPU RI. Atikoh bakal mendampingi Ganjar menjalani debat Pilpres 2024.

"Insyaallah, itu bagian dari men-support Mas Ganjar," ujar dia.

Diketahui, KPU menjadwalkan debat capres dan cawapres selama lima kali sampai hari puncak Pemilu 2024 tiba. Debat pertama, ketiga, dan kelima akan diperuntukan sebagai ruang dialog antar-capres. Sedangkan debat kedua dan keempat akan dijatahkan untuk ketiga cawapres.

Pada debat pilpres pertama yang diikuti capres akan dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2023 dan akan membahas topik seputar pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

 


Tema Debat Lainnya

Istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh blusukan ke Pasar Rau di Jalan Kyai H Abdul Latif, Kota Serang, Banten, Senin (11/12/2023).
Istri Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo, Siti Atikoh blusukan ke Pasar Rau di Jalan Kyai H Abdul Latif, Kota Serang, Banten, Senin (11/12/2023). (Liputan6.com/ Winda Nelfira)

Debat kedua akan mengulas seputar sektor ekonomi, mulai dari ekonomi digital dan kerakyatan, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur, dan perkotaan yang akan dieksekusi pada 22 Desember 2023.

Debat ketiga akan dilakukan pada 7 Januari 2024 dan akan mendiskusikan persoalan keamanan, pertahanan, hubungan internasional, dan juga geopolitik.

Debat keempat akan diselenggarakan pada 21 Januari 2024 dan akan mengupas seputar isu pembanguan berkelanjutan, SDA, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Debat pilpres terakhir akan dieksekusi pada tanggal 4 Februari 2024 dengan tajuk seputar kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, SDM, dan inklusi.

 


Hadiri Senam

Istri Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo, Siti Atikoh
Istri Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo, Siti Atikoh hadir dalam Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) yang dihadiri ratusan kader dan simpatisan PDI Perjuangan (PDIP) di alun-alun Serang, Banten, Senin (11/12/2023). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Istri Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo, Siti Atikoh hadir dalam Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) yang dihadiri ratusan kader dan simpatisan PDI Perjuangan (PDIP) di alun-alun Serang, Banten, Senin 11 Desember 2023.

Pantauan Liputan6.com, Siti Atikoh tiba di alun-alun sekira pukul 06.25 WIB. Dia disambut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang sudah tiba lebih dulu di alun-alun.

Siti Atikoh tampil santai. Ia mengenakan baju kaus warna hitam dan celana olahraga warna senada dengan padu padan kerudung warna krem.

Setibanya di alun-alun, Atikoh langsung menyapa ratusan kader PDIP yang didominasi perempuan di alun-alun Serang itu. Dia menyalami kader yang berada di barisan depan satu-persatu.

"Ya ampun Bu Atikoh, istrinya Pak Ganjar," kata seorang simpatisan.

"Foto dulu Bu Atikoh, ternyata kecil ya cantik," kata simpatisan PDIP lainnya.

Infografis Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres, Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres, Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya