Setelah Anies dan Mahfud, Prabowo-Gibran akan Live TikTok

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Habiburokhman, mengungkapan pihaknya membuka peluang pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk bermain TikTok.

oleh Tim News diperbarui 03 Jan 2024, 17:45 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2024, 17:45 WIB
Penampilan Busana Capres dan Cawapres pada Debat Cawapres 2024
Prabowo-Gibran kompak mengenakan setelan kemeja biru dalam debat capres-cawapres. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Habiburokhman, mengungkapan pihaknya membuka peluang pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk bermain TikTok.

Meski demikian, ia tidak menyebut kapan capres-cawapres nomor urut dua itu bakal bermain di platform media sosial TikTok.

"Boleh saja, entar main TikTok kita," kata Habiburokhman saat ditemui di Sekretariat Bawaslu Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2024).

Diketahui, capres nomor urut satu Anies Baswedan sebelumnya melakukan live di TikTok dalam perjalanan daratnya di beberapa lokasi di Jawa Timur pada Kamis (28/12/2024). Bahkan, live mantan gubernur DKI Jakarta itu ditonton hingga 300 ribu netizen.

Kemudian, disusul cawapres nomor urut tiga Mahfud Md yang juga melakukan siaran langsung di TikTok pada 31 Desember 2023.

Mahfud pun menegaskan bahwa dirinya sudah lama bermain TikTok. Hal itu disampaikan Mahfud untuk membantah anggapan dirinya ikut-ikutan Anies Baswedan melakukan live TikTok.

"Enggak. Saya sudah lama kan main-main begitu. Cuma kebetulan momentumnya ada, lalu teman-teman ngajak, yok. Gitu-gitu aja," kata Mahfud kepada wartawan di Taman Makan Bung Hatta, Jakarta, Selasa (2/1/2024).

Mahfud justru mengaku tidak tahu jika capres Anies Baswedan melakukan live di TikTok. Oleh karena itu, Mahfud kembali menegaskan bahwa tak ada niat untuk mengikuti jejak Anies live di TikTok.

Bahkan, sampai saat ini, Mahfud pun masih aktif bermain TikTok. Terbaru, Mahfud melakukan live TikTok dan Instagram pada Selasa, 2 Januari 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gen Z Tanya ke Mahfud soal Maling Sandal sampai Bebek Madura saat Live TikTok

Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud Md
Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud Md menyapa masyarakat melalui Live TikTok dan Instagram. (Foto: Istimewa).

Cawapres nomor urut tiga Mahfud Md mendapat berbagai pertanyaan unik dari netizen atau warganet saat Live TikTok dan Instagram, Selasa, 2 Januari 2024. Salah satunya soal maling sandal di masjid. Mahfud Md lantas menjawab pertanyaan dari netizen bernama Swasti tersebut.

"Prof, apakah berdosa orang yang maling sandal usai salat Jumat," tanya Swasti ke Mahfud, Selasa, 2 Januari 2024.

Menurut Mahfud, sesuatu yang baik tidak bisa disandingkan dengan yang tidak baik, sehingga maling tetap dilarang.

"Gini, ya maling itu tetap dosa ya, dilarang. Salat ya bagus sebagai kewajiban. Ada salah satu ajaran begini, kalau anda ingin beribadah dengan baik, jangan campur aduk antara yang halal dan yang haram. Itu kan itu salatnya halal, dapat pahala, mencuri sandalnya itu haram," kata Mahfud.

Mahfud juga mendapat pertanyaan unik dari salah seorang netizen Gen Z bernama Feri tentang bebek Madura. Feri mengaku heran lantaran bebek Madura yang semakin hitam, rasanya malah semakin enak dimakan.

Mendapat pertanyaan tentang makanan, sambil tertawa Mahfud mempersilakan netizen bernama Feri itu untuk menanyakannya ke penjual yang memasak bebek Madura. Sehingga bisa mendapat jawaban yang lebih pasti.

"Feri, waduh kamu tanya kepada yang masak saja ya, saya tidak tahu juga kenapa yang enak kok jadi hitam, tapi saya menikmati saja. Tapi, karena saya bukan yang masak jadi saya tidak tahu," ujar Mahfud.

Mahfud turut mengajak netizen untuk datang ke Madura secara langsung karena banyak penjual bebek di sana. Sehingga, dapat pula mendapatkan jawaban soal resep yang membuatnya jadi nikmat.

"Nanti kamu mampir ke Madura tuh banyak warung bebek di sana, lalu tanya kenapa kok bisa hitam gitu, tapi kok enak, gitu," kata Mahfud.


Mahfud Ajak Gen Z dan Milenial untuk Meneladani Bung Hatta

Pada live TikTok dan Instagram ini, Mahfud banyak membagikan ke anak muda warganet tentang kekagumannya terhadap sosok Wakil Presiden pertama, Mohammad Hatta atau Bung Hatta. Mahfud telah pula berziarah ke makam Bung Hatta di TMP Tanah Kusir, Jaksel, Selasa kemarin.

Mahfud Md turut mengajak Generazi Z dan Generasi Milenial untuk meneladani sosok Bung Hatta. Selain kesederhanaan, Mahfud mengaku kagum dengan sosok Bung Hatta yang disebutnya sebagai wakil presiden yang visioner, merakyat, dan sangat antikorupsi.


Anies Rangkul Gen Z di TikTok

Gerakan Anak Muda Indonesia (Gen-AMIN)
Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, mulai menggaet suara anak muda atau gen Z di Pemilu 2024, yang tergabung dalam Gerakan Anak Muda Indonesia (Gen-AMIN). (Foto: Istimewa)

Capres nomor urut satu Anies Baswedan menjajal kampanye melalui platform media sosial Tiktok. Ketua Timnas AMIN, M Syaugi Alaydrus, menyebut meskipun platform TikTok biasa digunakan oleh Gen Z, Anies dianggap mampu untuk menggaet suara untuk pilpres 2024, walaupun belum banyak berpengalaman.

"Kan kelihatan Gen Z yang main di situ. Pak Anies alamiah, bukan yang advance di TikTok, tapi Pak Anies paham elemennya tadi. Jadi beliau berusaha masuk TikTok. Itulah, semua akan dirangkul oleh Pak Anies," kata Syaugi di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (3/1/2023).

Ketika ditanya gaya kampanye Anies di platform TikTok meniru gaya kampanye capres nomor urut dua Prabowo Subianto dengan gaya 'gemoy', Syaugi menyerahkan penilaiannya kepada masyarakat.

"Kalau gemoy silakan ke masyarakat yang menilai. Kita tidak ingin menilai yang lain. Apa yang pasangan nomor satu lakukan kita lakukan," ujar Syaugi.

Diberitakan sebelumnya, Anies Baswedan menjajal platform media sosial Tiktok. Anies melakukan live Tiktok dengan tema 'Temani Saya di Jalan'.

Live Tiktok itu digelar Anies saat dalam perjalanan darat dari Situbondo menuju Gresik, Jawa Timur, Kamis malam, 28 Desember.

Live tersebut cukup mendapat reaksi positif dari warga net. Total viewers live Tiktok Anies mencapai 302.700 akun. Tidak hanya itu, warganet juga tidak segan-segan memberikan hadiah saat live Tiktok atau biasa disebut 'give'.

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya