Kaesang Sebut Belum Pastikan Maju Pilkada 2024 di Jakarta atau Jateng

Ketum PSI Kaesang Pangarep belum menentukan untuk maju pada Pilkada Jawa Tengah (Jateng) atau Jakarta pada Pilkada Serentak 2024 mendatang. Lalu bagaimana?

oleh Devira PrastiwiTim News diperbarui 20 Jul 2024, 17:01 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2024, 17:01 WIB
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyapa dan berdiskusi dengan para pelaku UMKM di Semarang, Jawa Tengah. (Foto: Dokumentasi PSI).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (Ketum PSI) Kaesang Pangarep belum menentukan untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah (Jateng) atau Jakarta pada Pilkada Serentak 2024 mendatang.

"Survei saya di DKI kan kecil. Terakhir Litbang Kompas di angka satu. Alhamdulillah, di Jateng dengan tidak ada foto, tidak ada baliho, tidak ada 'billboard', Alhamdulillah nomor satu di Jateng," ujar Kaesang di Semarang, dikutip dari Antara, Sabtu (20/7/2024).

Hal tersebut disampaikan putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tersebut saat peresmian Kantor DPD PSI Kota Semarang.

Namun, kata dia, mengenai keputusan untuk maju di Pilkada mana, Kaesang meminta untuk menunggu kabar selanjutnya pada Agustus atau saat tahapan pendaftaran Pilkada Serentak 2024.

"Tunggu nanti, ya, di bulan Agustus saat pendaftaran. Kalaupun saya mendaftar di Jateng, pasti ketemu lagi nanti. Peluang menang, Alhamdulillah sangat besar di Jawa Tengah," ucap Kaesang Pangarep.

Menanggapi kemungkinan berduet dengan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi di Pilgub Jateng 2024, ia menilai Luthfi adalah sosok yang pantas menjadi Gubernur Jateng.

"Kita lihat lagi bahwa Provinsi Jateng ini sangat besar dan Pak Ahmad Luthfi sendiri juga sebagai Kapolda sudah pernah, yang beliau lakukan sudah banyak, khususnya di Jateng," kata Kaesang.

Akan tetapi, Kaesang kembali menegaskan untuk meminta menunggu terkait keputusannya untuk maju di Pilkada 2024 mana, sebagai apa, dan dengan siapa, termasuk jika pun maju di Jateng bersama Ahmad Luthfi.

"Saya rasa beliau memang pantas menjadi gubernur di Jateng untuk periode selanjutnya. Tapi, balik lagi, untuk masalah Luthfi-Kaesang atau Kaesang- Luthfi, lihat nanti ya," jelas Kaesang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PSI Resmi Usung Riza Patria - Marshel Widianto di Pilkada Tangsel

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep memberikan surat dukungan kepada Riza Patria dan Marshel Widianto sebagai calon wali kota dan wakil wali kota di Pilkada Tangsel. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep memberikan surat dukungan kepada Riza Patria dan Marshel Widianto sebagai calon wali kota dan wakil wali kota di Pilkada Tangsel. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Sebelumnya, DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi mengusung Ahmad Riza Patria dan Marshel Widianto untuk Pemilihan kepala daerah Pilkada Kota Tangerang Selatan atau Pilkada Tangsel 2024.

Pengumuman rekomendasi disampaikan langsung Ketua Umum DPP PSI Kaesang Pangarep di Kantor DPP PSI, Kamis 18 Juli 2024.

"Izinkan saya untuk memberikan rekomendasi khususnya untuk provinsi Banten di mana untuk calon gubernur dan calon wakil gubernur, Andra Soni dan Dimyati dan di Tangsel Ahmad Riza-Marshel dan di Lebak, pak Sanusi dan mas Fajar," kata Kaesang di DPP PSI, Jakarta Pusat, Kamis 18 Juli 2024.

Kaesang berharap para calon tersebut dapat mendukung program pemerintah peralihan atau transisi.

"Saya harap ketiga calon yang hadir dapat mensuskeskan transisi Presiden Jokowi yang akan dilanjutkan Prabowo diakhir 2024, dan saya harap program-program ke depan dapat dilanjutkan dan disempurnakan," jelasnya.

Sementara itu, Riza menyampaikan terima kasih pada PSI dan berjanji membuat Tangsel menjadi wilayah bersih korupsi.

"Kami akan berjuang untuk memastikan kemenangan di Tangsel memastikan program-program pemerintah pusat Jokowi-Ma'ruf Amin dapat dilanjutkan di pemerintahan berikutnya yaitu Prabowo-Gibran," ujarnya.

"Insyaallah ke depan Tangsel akan bebas dari korupsi dan insyallah Tangsel juga bebas dari intoleransi dan kami akan berjuang sebaik mungkin agar Tangsel maju, Tangsel keren," sambungnya.

 


PSI Resmi Dukung Pasangan Andra Soni-Dimyati di Pilkada Banten 2024

PSI resmi mengusung pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusuma di Pilkada Banten 2024.
PSI resmi mengusung pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusuma di Pilkada Banten 2024. Adapun surat rekomendasi diberikan langsung oleh Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Kantor DPP PSI, Jakarta Kamis (18/7/2024). (Foto: Liputan6.com/Delvira Hutabarat).

DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi mengusung pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusuma di Pilkada Banten 2024.

Adapun surat rekomendasi diberikan langsung oleh Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Kantor DPP PSI, Jakarta Kamis 18 Juli 2024.

"Izinkan saya untuk memberikan rekomendasi khususnya untuk provinsi Banten di mana untuk calon gubernur dan calon wakil gubernur, Andra Soni dan Dimyati dan di Tangsel Ahmad Riza-Marshel dan di Lebak, Pak Sanusi dan Mas Fajar," kata dia.

Kaesang berharap para calon yang didukung dapat mengawal pemerintahan transisi ke depan.

"Saya harap ketiga calon yang hadir dapat mensuskeskan transisi Presiden Jokowi yang akan dilanjutkan Prabowo diakhir 2024, dan saya harap program-program ke depan dapat dilanjutkan dan disempurnakan," ujarnya.

Sementara itu, Andra Soni berjanji akan melanjutkan program-program pemerintah di Banten dan bekerja maksimal

"Dalam rangka mengawali kebijakan pemerintah yang akan datang, dan melanjutkan apa yang diberikan pemeirntah pusat di Banten, dan Insyaallah kami akan maksimalkan tugas-tugas ini," jelasnya.

Infografis Kaesang Pangarep Jadi Ketum PSI. (Liputan6.com/Abdillah
Infografis Kaesang Pangarep Jadi Ketum PSI. (Liputan6.com/Abdillah
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya