Nasdem: Anies dan Kaesang Belum Jodoh di Pilkada Jakarta 2024

Nasdem mengibaratkan, saat ini Anies dan Kaesang bagaikan dua kutub yang berbeda arah atau seperti utara dan selatan, timur dan barat.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 23 Jul 2024, 07:35 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 07:35 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kiri) dan Anies Baswedan (Merdeka/Alma Fikhasari)
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kiri) dan Anies Baswedan (Merdeka/Alma Fikhasari)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Nasdem resmi mengusung Anies Baswedan untuk kontestasi Pilgub Jakarta 2024. Hal itu disampaikan langsung oleh Sekjen Partai Nasdem Hermawi Taslim di Nasdem Tower Jakarta pada Senin 22 Juli 2024.

Sebelum momen pengumuman tersebut, DPP Partai Nasdem mendapat kunjungan silaturahmi politik di hari yang sama dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang dipimpin langsung sang ketua umum, Kaesang Pangarep.

Awak media pun mengonfirmasi apakah hadirnya Kaesang Pangarep dan deklarasi Anies sejatinya memiliki hubungan untuk Pilkada Jakarta 2024

Menanggapi hal itu, Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Nasdem Willy Aditya menegaskan, tidak ada wacana partainya memasangkan Anies dan Kaesang sebagai calon gubernur dan wakil gubernur di Jakarta.

"Kelihatannya duet Anies Kaesang itu belum untuk saat ini, belum untuk Jakarta," tegas Willy kepada awak media, seperti dikutip Selasa (23/7/2024).

Willy mengibaratkan, saat ini Anies dan Kaesang bagaikan dua kutub yang berbeda arah atau seperti utara dan selatan, timur dan barat. Maka dari itu, Nasdem tidak dalam posisi hendak mempertemukan keduanya dalam wadah yang sama di Pilkada 2024.

"Kita bisa lihat dinamikanya yang terjadi itu sebenarnya Nasdem itu kan scientific, segala sesuatu diputuskan berdasarkan hasil survei yang ada, rasionalitas politik yang dikedepankan oleh Pak Surya seperti itu. Jadi kalau membaca data, sejauh ini Bro Kaesang cukup diterima di Jawa Tengah dan Mas Anies di Jakarta," jelas Willy.

"Mungkin belum jodoh gitu ya, kita tunggu saja next episodenya," tandas Willy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nasdem Dukung Kaesang di Pilgub Jawa Tengah

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mendatangi Kantor Nasdem, Senin (22/7/2024).
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mendatangi Kantor Nasdem, Senin (22/7/2024). (Liputan6.com/ Muhammad Radityo Priyasmoro)

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPP Partai Nasdem Roberth Rouw memastikan, partainya akan mendukung penuh pencalonan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Pilkada Jawa Tengah. Menurut dia, Kaesang adalah sosok muda yang berpotensi besar di Jawa Tengah.

"Jadi masalah Pilkada Jateng memang tadi ketua umum saya sudah sampaikan bahwa beliau sangat respect kalau Mas Kaesang maju di Jawa Tengah,” kata Roberth di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2024).

"Nasdem akan memberikan dukungan penuh kepada beliau, karena melihat posisi Mas Kaesang punya potensi sangat besar untuk Jawa Tengah," imbuh Roberth.

Mendengar hal itu, Kaesang terlihat tersenyum. Kendati begitu dia enggan mengungkap lebih detail terkait sinyal yang disampaikan NasDem terhadap dirinya untuk Pilkada 2024 di Jawa Tengah. Menurut dia, belum ada pembicaraan serius lebih jauh.

"Mengenai Pilkada Jateng cuma tipis saja. Tidak ada pembicaraan serius," kata Kaesang.

 

Infografis Menakar Peluang Duet Anies dan Kaesang di Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menakar Peluang Duet Anies dan Kaesang di Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya