Sekjen PAN: Tak Ada Konspirasi Gagalkan Anies di Pilkada Jakarta

Sekjen PAN Eddy Soeparno membantah kabar yang menyebutkan pembentukan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus untuk menjegal Anies Baswedan maju Pilkada Jakarta.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 07 Agu 2024, 16:18 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 16:17 WIB
Bacagub Jakarta Anies Baswedan Berolahraga Sambil Menyapa Warga Saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor
Bakal Calon Gubernur (Bacagub) DKI Jakarta, Anies Baswedan dikerumuni warga saat berolahraga di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (4/8/2024). (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno membantah kabar yang menyebutkan pembentukan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus untuk menjegal Anies Baswedan maju Pilkada Jakarta.

Eddy menyebut, peluang Jakarta memiliki dua paslon tetap terbuka. "Bagaimana cara menjegalnya gitu ya. Tapi yang namanya kita berpolitik kan kita berpolitik ingin guyub ya, ingin guyub, ingin maju. Demokrasi juga harus tetap hidup. Jadi peluang bagi terciptanya dua pasangan calon untuk berlaga baik di Jakarta maupun di Jawa Barat, ya saya kira itu tetap terbuka, terbuka luas ya," kata Eddy di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Eddy juga membantah bahwa KIM mendorong agar terjadi kotak kosong di Pilkada Jakarta. Dia mengatakan, tidak ada desain untuk menciptakan kotak kosong di pilkada.

Dia mengatakan, kotak kosong bisa terjalin ketika semua partai-partai sepakat mengusung pasangan calon yang sama. "Ya apakah karena ada ikatan ya emosional atau karena ada pandangan bahwa ini adalah calon yang terkuat," kata dia.

Dia menegaskan tak ada konspirasi untuk mengggalkan Anies di Jakarta. "Tetapi tidak ada pertimbangan lain di luar itu. Jadi kalau sampai ada teori konspirasi untuk menggagalkan salah satu calon untuk maju di Pilgub ini, tidak ada," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PAN: Kepastian Cawagub RK dari PKS Belum Final

Sekjen PAN, Eddy Suparno (Nur Habibie/Merdeka.com)
Sekjen PAN, Eddy Suparno (Nur Habibie/Merdeka.com)

Sebelumnya, Eddy angkat bicara soal kabar cawagub Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta adalah dari kader PKS. Menurut Eddy, kepastian cawagub RK berasal dari PKS belum final.

"Itu masih belum final ya, karena masih tahapan pembahasan. Dan ini saya rasa nanti para ketua umum lah yang akan menyampaikan itu," kata Eddy di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Sementara terkait partai mana saja yang akan merapat ke KIM, Eddy menyebut akan ada beberapa partai yakni PKS, PKB dan NasDem.

"Kalau adanya KIM Plus itu, siapapun partainya, apakah tambahnya itu melibatkan partai-partai di luar KIM seperti Nasdem, PKB atau PKS, tentu itu merupakan tambahan vitamin untuk kita," kata Eddy.

Menurut Eddy, KIM Plus akan sangat bermanfaat untu hadapi Pilkada di daerah strategis. "Terutama menghadapi pilkada di tempat-tempat yang strategis, ya seperti daerah khusus Jakarta itu, kan provinsi strategis," pungkasnya.


Gerindra Tegaskan KIM Plus Bukan Untuk Menjegal Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, seluruh partai politik (parpol) di Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus sudah sepakat untuk mengusung Ridwan Kamil (RK) di Pilkada Jakarta 2024.
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, seluruh partai politik (parpol) di Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus sudah sepakat untuk mengusung Ridwan Kamil (RK) di Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Partai Gerindra menegaskan terbentuknya Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus bukan untuk menjegal Anies Baswedan di Pilkada Jakarta.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut, KIM Plus terbentuk untuk kemajuan Indonesia ke depan. Bukan hanya sekedar Pilkada serentak 2024.

"Kim Plus ini dibentuk untuk kemajuan Indonesia ke depan. Tidak hanya sebatas pilkada," kata Dasco, di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Dia mengatakan, dalam demokrasi tidak ada yang bisa melarang partai politik untuk mencalonkan siapapun di Pilkada serentak 2024.

"Sekarang ini alam demokrasi. Kalau partai politik ingin mencalonkan siapa kan kita juga enggak bisa melarang," ujar dia.

Saat ditanya apakah KIM Plus yakni PKS dan NasDem, Dasco enggan menjawab.

"Plusnya lebih dari satu," imbuh Dasco.

Justru, komposisi KIM Plus baru diketahui dari pernyataan Ketua Dewan Pembina Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar Idrus Marham.

"Ya jadi ada ketika itu adalah sekali lagi ada NasDem, ada PKB dan khusus untuk pilkada akhir-akhir ini juga berkembang ada dari PKS," kata dia, kepada wartawan, di Jakarta, Kamis 1 Agustus 2024.

Infografis Bursa Kandidat Cawagub Pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024
Infografis Bursa Kandidat Cawagub Pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024 (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya