PDIP Disebut Bakal Usung Pramono, Jubir Anies: Tunggu Informasi Resmi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta membenarkan akan ada bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari PDI Perjuangan (PDIP) yang akan mendaftar untuk Pilkada Jakarta 2024 pada esok hari, Rabu 28 Agustus 2024.

oleh Tim News diperbarui 27 Agu 2024, 20:05 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 20:05 WIB
Pramono Anung
Sekretaris Kabinet Pramono Anung (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta membenarkan akan ada bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari PDI Perjuangan (PDIP) yang akan mendaftar untuk Pilkada Jakarta 2024 pada esok hari, Rabu 28 Agustus 2024.

Disebut-sebut partai berlambang banteng bermoncong putih itu akan mengusung Pramono Anung Bersama Rano Karno.

Terkait hal itu, Juru bicara Anies Baswedan, Sahrin Hamid mengaku, masih menunggu informasi secara resmi dari partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri kepada pihaknya.

"Kita tunggu informasi resmi dari PDI Perjuangan ya," kata Sahrin saat dihubungi, Selasa (27/8/2024).

Sebelumnya, kader Partai PDI Perjuangan, Pramono Anung disebut telah mengurus surat keterangan tidak pernah didakwa di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Hal itu dibenarkan oleh Penjabat Humas PN Jaksel, Djuyamto yang menyebut surat tersebut sebagai salah satu syarat Pramono maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2024.

"Surat Keterangan tersebut dikeluarkan atas permohonan dari Dr Pramono Anung untuk persyaratan pencalonan sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta," kata Djuyamto dalam keterangannya, Selasa, (27/8).

Djuyamto mengatakan, ada tiga surat yang telah diurus Pramono. Yaitu Surat keterangan tidak pernah didakwa, keterangan tidak sedang dicabut hak pilihnya dalam daftar pemilih, serta surat keterangan tidak memiliki tanggungan Utang atas nama Pribadi maupun badan hukum yang menjadi tanggungjawabnya.

"PN Jakarta Selatan pada hari Selasa tanggal 27 Agustus 2024 telah mengeluarkan beberapa Surat Keterangan," jelas Djuyamto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pramono Anung Sudah Urus Berkas di PN Jaksel

Djuyamto menegaskan permohonan langsung diproses pada hari itu juga. Dan itu sudah sesuai SOP Layanan Surat Keterangan di PN Jakarta Selatan.

DPP PDI Perjuangan (PDIP) bakal mengusung dua kadernya Pramono Anung - Rano Karno untuk maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta 2024. Hal itu disampaikan oleh Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey.

"Iya (akan mengusung Pramono-Rano Karno di Pilkada Jakarta)," kata Olly di Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Olly mengatakan, Pramono Anung sempat dipanggil oleh Megawati untuk diminta kesediaannya maju di Pilkada Jakarta. Merespons permintaan itu, Pramono diakui Olly bersedia dan siap menjalankan perintah tersebut.


Pramono Dipanggil Megawati

"Kemarin memang Pak Pramono dipanggil Ibu (Megawati) dan diminta untuk mencalonkan, calon Gubernur DKI, itu aja. Pak Pramono berkoordinasi dengan beberapa orang, sehingga ternyata dia jadi bersedia, itu saja," ujar Bendahara Umum PDI Perjuangan, Olly Dondokambey kepada jurnalis, Selasa (27/8/2024).

Olly juga mengatakan, Pramono telah memberi tahu keluarganya tergait tugas partai yang diberikan kepadanya. 

"Telepon ke istrinya dan ternyata atas permintaan Ibu (Megawati), bersedia (maju Pilkada)," kata dia.

 

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya