RK Ingin Bikin Kampung Wisata di Jakarta, Nginap di Rumah Warga Bayar Rp300 Ribu

RK menyebut, dengan harga hanya Rp300 ribu, wisatawan bisa menginap dan mendapatkan sarapan sederhana di rumah warga. Ide kampung wisata ini digagas untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga melalui sektor pariwisata.

oleh Tim News diperbarui 03 Sep 2024, 03:13 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 03:13 WIB
Ridwan Kamil
Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) disambut dengan palang pintu saat menyambangi markas Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta HQ Prabowo-Gibran di Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK) ingin membuat kampung wisata di Jakarta, jika kelak ia memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Nantinya, wisatawan bisa menginap di rumah warga dengan membayar Rp300 ribu.

"Ada destinasi kampung-kampung nanti kita bikin kampung wisata ya. Jadi orang, maaf ya, enggak nginep di hotel mewah tapi bisa nginep di kampung, homestay," kata RK saat mendatangi markas Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta di Jl Surabaya, Menteng, Jakarta, Senin (2/9/2024).

RK mengaku sudah pernah melakukan program ini sebelumnya. Dia menyebut, dengan harga hanya Rp300 ribu, wisatawan bisa menginap dan mendapatkan sarapan.

"Dia bayar cuma Rp300 ribu, tidur di rumah, makan paginya nasi goreng telor ceplok ama gosip bareng si ibu yang punya rumah. Tiga bulan lagi datang melamar anaknya," tambahnya.

Menurut mantan Wali Kota Bandung ini, kampung wisata bisa membuka lapangan kerja masyarakat di Jakarta. Tujuan program ini juga untuk menaikkan pariwisata Jakarta.

"Nah, itu fisik kota global tu, event internasional banyak, kenyamanan pariwisata kita upgrade, bikin arsitektur macem-macem ya sehingga orang penasaran, penasaran, dan akhirnya lapangan pekerjaan meningkat," tutur RK.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ingin Sulap Utara Jakarta Mirip Dubai

Ridwan Kamil-Suswono Resmi Maju di Pilgub DKI Jakarta 2024
Pasangan Ridwan Kamil-Suswono mendapat dukungan penuh dari partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil juga mengaku ingin menyulap wilayah utara Jakarta menjadi seperti Dubai.

Keinginannya menjadikan wilayah utara Jakarta serupa Dubai menyusul rencana program pembangunan infrastruktur yang hendak dilakukan, salah satunya pembuatan Giant Wall.

"Ada sekitar 70-an program dari mulai infrastruktur raksasa menahan banjir di utara dengan kawasan Giant Wall-nya. Nah nanti Dubainya Jakarta ada di sana," ucap Ridwan Kamil di Kantor DPN Partai Gelora, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2024).

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya