Elektabilitas Tinggi, Khofifah Disebut Masih Cagub Terkuat di Pilgub Jatim 2024

Menurut Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin mengatakan, elektabilitas kokoh yang didapat Khofifah berkat kinerja hebatnya selama satu periode memimpin Jatim.

oleh Tim News diperbarui 14 Sep 2024, 15:46 WIB
Diterbitkan 14 Sep 2024, 14:00 WIB
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak. (Dok. Istimewa)
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak. (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Khofifah Indar Parawansa menjadi sosok Calon Gubernur unggulan pada Pilgub Jatim 2024. Raihan elektabilitas kuat kian menunjukkan dominasi pemilih Jatim semakin condong untuk memilih Khofifah ketimbang cagub lainnya.

Menurut Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin mengatakan, elektabilitas kokoh yang didapat Khofifah berkat kinerja hebatnya selama satu periode memimpin Jatim. Berbagai kebijakan pro rakyat Khofifah berhasil mendorong kemajuan Jatim kedepan.

"Kalau Khofifah masih tinggi elektabilitas dan tingkat kepuasannya. Itu artinya kinerjanya bagus, sukses, dan baik," kata Ujang, Sabtu (14/9/2024).

Misalnya merujuk pada hasil survei Litbang Kompas periode 20-25 Juni 2024, elektabilitas Khofifah jauh melesat meninggalkan kandidat lain hingga mencapai 26,8 persen. Sebagai petahana, Khofifah telah berhasl menarik perhatian banyak masyarakat Jatim.

Sementara itu pada posisi kedua terdapat Tri Rismaharini atau Risma yang sangat jauh tertinggal dari Khofifah. Meski di posisi kedua Risma hanya bisa mendapatkan raihan elektabilitas sebesar 13,6 persen saja.

Dia menilai, Khofifah masih menjadi kandidat terkuat bila dibanding dengan para penantangnya seperti mantan Wali Kota Surabaya Tri Rimaharini atau Risma. Dia berpandangan Risma belum bisa menyaingi Khofifah meski elektabilitasnya di posisi kedua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tingkat Popularitas Khofifah

Bakal calon gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri diskusi dengan tajuk 'Mengawal Pilkada' Liputan6 SCTV.
Bakal calon gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri diskusi dengan tajuk 'Mengawal Pilkada' Liputan6 SCTV. (Dok. Tangkapan Layar Liputan6 SCTV)

Ujang menjelaskan tingkat popularitas Risma tidak akan lebih melonjak lagi bila melihat waktu masa kampanye yang sangat sempit. Menurut dia dengan jarak elektabilitas terlampau jauh, Khofifah semakin sulit untuk dikejar apalagi terlampaui.

Di sisi lain, dia memandang Jatim bukan menjadi basis dari pemilih militan Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Perjuangan. Sehingga dengan ketertinggalan Risma yang saat ini masih terlampau jauh tentunya semakin melemahkan kekuatan Risma pada Pilgub Jatim nanti.

"Kalau bicara Risma, dia dalam waktu sempit dan relatif sedikit ya susah untuk menyodok elektabilitas agar bisa memiliki lompatan tinggi menyaingi Khofifah," ujarnya.

Infografis 3 Calon Gubernur Perempuan Bertarung di Pilkada Jatim 2024
Infografis 3 Calon Gubernur Perempuan Bertarung di Pilkada Jatim 2024 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya