Kastil Bersejarah Ini Dijual Rp 6,2 Miliar, Berminat?

Sebuah kastil tanpa atap, dan daun jendela dijual seharga £ 300.000 atau sekitar Rp 6,2 miliar ( Kurs Rp. 20.831 per pound).

oleh Ifsan Lukmannul Hakim diperbarui 30 Okt 2015, 05:30 WIB
Diterbitkan 30 Okt 2015, 05:30 WIB
Reruntuhan Kastil Dekat Edinburgh
Reruntuhan Kastil Dekat Edinburgh (rightmove.co.uk)

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kastil tanpa atap, dan daun jendela dijual seharga £ 300.000 atau sekitar Rp 6,2 miliar (Kurs Rp. 20.831 per pound). Namun butuh jutaan pound untuk merenovasi kastil tua tersebut supaya kembali gagah seperti dulu.

"Kastil ini berjarak satu jam dari kota Edinburgh, dan diharapakan menarik pembeli untuk merenovasi kastil tersebut" kata seorang agen properti seperti dilansir dari laman dailymail, Jumat (30/10/2015).

Saat ini reruntuhan kastil menjadi incaran para calon pembeli. Sebuah kastil dengan kerusakan total umumnya dihargai sebesar £ 200.000 atau sekitar Rp 4,1 miliar. Menurut para ahli, biaya untuk merenovasi kastil tersebut sekitar £ 2 juta atau sekitar Rp 41 miliar.

Salah satu reruntuhan kastil yang terletak di perbatasan Skotlandia, hanya menyisakan tembok setinggi lima lantai di sayap bagian tenggara.

Reruntuhan sebuah Kastil di Edinburgh (rightmove.co.uk)

"Ini adalah kehancuran total, dan restorasi lengkap diperlukan. Biaya yang diperlukan tergantung sejauh mana restorasinya - tapi bisa saja hingga £ 2 juta." Kata Tony Perriam, seorang agen di Rettie estate.

Tony juga mengatakan, calon pembeli ingin merenovasi kastil tersebut menjadi rumah tinggal.

Edinburgh merupakan kota kedua terbesar di Skotlandia. Kota ini dianggap sebagai tempat yang memliki indeks kualitas hidup yang sangat baik seperti, tingkat kejahatan yang rendah, biaya hidup yang terjangkau, gaji yang tinggi dan broadband yang cepat, menurut salah satu situs yang melayani perbandingan harga dan jas uSwitch. (Ilh/Zul)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya