Ubah Kardus Bekas Jadi Wadah Nan Cantik

Hanya bermodal selotip, lem, kertas kado dan kain pembungkus, Anda bisa buat kotak bekas menjadi lebih berguna.

oleh boyleonard diperbarui 01 Agu 2016, 20:08 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2016, 20:08 WIB
20160801-kardus bekas-rumahcom-boy
Hanya bermodal selotip, lem, kertas kado dan kain pembungkus, Anda bisa buat kotak bekas menjadi lebih berguna.

Liputan6.com, Jakarta Ingin membuat barang-barang di rumah menjadi lebih teratur namun enggan membeli sebuah kontainer baru? Manfaatkan saja kotak-kotak bekas sereal atau kotak susu.

Hanya bermodal selotip, lem, kertas kado dan kain pembungkus, Anda bisa mengubah sebuah kotak bekas menjadi tempat baru untuk menyimpan barang-barang.

Simak beberapa inspirasi berikut dari onecrazyhouse.com dalam mengubah kotak bekas sereal menjadi fungsional.

Menyimpan kertas-kertas atau dokumen

Manfaatkan Kardus Bekas di rumah

Potong kotak sereal sesuai dengan bentuk yang diinginkan, Anda bisa memotong bagian depan kotak lebih banyak agar menyerupai bentuk kotak pos.

Gunting kertas kado sesuai bentuk kotak dan bungkus menggunakan lem. Tambahkan sebuah magnet di bagian belakang dan tempelkan di tempat-tempat strategis seperti di sisi kulkas.

Kotak ini juga bisa digunakan untuk menyimpan nomor telepon penting, kertas resep, dan hal-hal lain yang mungkin dibutuhkan di dapur.

Manfaatkan Kardus Bekas di rumah

Mengorganisir bagian dalam laci

Manfaatkan Kardus Bekas di rumah

Masukkan beberapa kotak sereal di dalam laci untuk mengetahui ukuran kotak sereal yang sesuai. Tandai dan potong kotak menggunakan cutter.

Bungkus kotak tersebut menggunakan kertas kado dengan motif kesukaan. Perhatikan ketika menempelkan kertas kado agar tidak ada yang menggembung,

Anda bisa menggunakan bagian ujung pensil untuk mendorong kertas kado di bagian sudut. Setelah selesai, taruh semua barang-barang yang tadinya berserakan di dalam laci sesuai kategori.

Menyimpan majalah

Manfaatkan Kardus Bekas di rumah

Potong kotak sereal dengan arah diagonal sehingga menyerupai rak yang biasa digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen di kantor.

Tidak hanya satu kotak sereal, Anda bisa membuatnya dengan dua kotak sereal sekaligus namun pastikan ukuran dan tingginya sama.

Siapkan beberapa gulung Washi Tape (selotip dengan beragam jenis warna dan motif) untuk membungkus kotak sereal. Lalu gulung kotak dengan selotip.

Penggunaan Washi Tape selain akan membuat kotak sereal tampak cantik juga akan membuat dua kotak sereal menempel lebih kuat dan lebih stabil.

Menyimpan bumbu-bumbu di dapur

Manfaatkan Kardus Bekas di rumah

Potong beberapa kotak sereal atau kotak susu sehingga menjadi lebih pendek dari ukuran botol bumbu (agar terlihat jenis bumbu).

Simpan bumbu-bumbu berdasarkan kategori untuk memasak atau merk bumbu. Ketika hendak memasak Anda tinggal akan mengambil salah satu kotak dan ketika selesai Anda dapat menyimpannya kembali dengan rapih di dalam lemari.

Menyimpan aksesoris dan perhiasan

 Manfaatkan Kardus Bekas di rumah
Manfaatkan Kardus Bekas di rumah

Dari beberapa kotak kardus bekas, Anda bisa membuat laci kecil untuk menyimpan perhiasan. Satu kotak besar untuk kotak utamanya, dan beberapa kotak kecil untuk lacinya.

Gunakan satu kotak sereal dan tiga buah kotak bekas teh celup untuk menjadi ‘laci’ di kotak tersebut. Gunting bagian atas kotak teh celup dan bagian samping kotak sereal.

Bungkus semua kotak dengan kertas kado. Jika sudah tambahkan aksesoris seperti kancing di bagian ‘laci’ kotak.

Mita Agustina

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya