Tips Cegah Hewan Peliharaan Rusak Halaman Rumah

Tingkah polahnya memang lucu tapi kadang juga bikin rumah jadi berantakan, hingga halaman rumah jadi berantakan.

oleh boyleonard diperbarui 07 Agu 2016, 07:02 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2016, 07:02 WIB
20160806-hewan peliharaan rusak halaman-rumahcom-boy
Tingkah polahnya memang lucu tapi kadang juga bikin rumah jadi berantakan, hingga halaman rumah jadi berantakan.

Liputan6.com, Jakarta Punya hewan peliharaan memang menyenangkan, meski kadang juga bikin kesal. Tingkah polahnya memang lucu tapi kadang juga bikin rumah jadi berantakan, furnitur jadi rusak akibat digigit atau dicakar, hingga halaman rumah pun ikut jadi korban.

Kucing dan anjing memang sama-sama hobi membuang kotoran, menggali tanah, dan merusak tanaman. Akibatnya, halaman yang sudah lama Anda pelihara pun jadi berantakan.

Anda yang tak punya hewan peliharaan pun kadang kena getahnya. Misalnya kucing tetangga yang sering berkunjung dan mengklaim halaman rumah Anda sebagai area kekuasaannya.

Kalau sudah begini, mereka pun tak segan-segan mengacak-acak hinggga membuang kotoran di sana. Dan untuk mengatasinya, cobalah trik berikut.

Siapkan bak pasir

Anjing dan kucing memang sama-sama punya hobi menggali. Dan mereka selalu tertarik jika area galiannya kering dan materialnya ringan seperti pasir.

Jadi, daripada mereka merusak tanah di halaman rumah Anda, ada baiknya jika Anda menyediakan bak pasir di lokasi tersebut sehingga mereka punya tempat untuk menggali dan membuang kotorannya.

Tanam tanaman berbatang besar

Sebaiknya Anda tidak menanam bunga atau tanaman yang pendek sehingga mudah digapai oleh hewan-hewan peliharaan. Terutama bagi tanaman yang rapuh, berisiko tercabut hingga akarnya.

Jadi tanam saja tanaman yang berbatang besar dan memiliki tubuh yang tinggi seperti cemara udang atau kamboja. Jika Anda tetap ingin memiliki tanaman hias, pot gantung bisa jadi pilihan.

Jangan buang kulit jeruk

Jangan buang kulit jeruk atau lemon yang sudah Anda santap. Iris tipis kulitnya atau cacah hingga halus, lalu sebarkan di halaman rumah Anda. Bau segar lemon atau jeruk akan membuat kucing dan anjing enggan menyambangi halaman rumah Anda.

Siram halaman rumah dua kali sehari

Rumput atau tanah yang basah membuat kucing dan anjing enggan menginjaknya karena menimbulkan rasa lembap dan basah.

Jadi, siramlah halaman rumah dua kali sehari dengan selang air hingga seluruh permukaannya basah merata. Manfaat lainnya, air juga membantu mengurangi debu yang ada di permukaan halaman rumah Anda.

Tanaman yang tidak disukai hewan

Beberapa jenis tanaman yang beraroma menyengat biasanya tak disukai hewan, terutama kucing. Mereka akan memilih mencari tempat lainnya dibandingkan harus menginjak halaman rumah Anda.

Tanaman yang berbau menyengat adalah tanaman yang biasanya digunakan untuk bumbu dapur, seperti bawang atau serai.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya