Pemudik Masih `Banjiri` Terminal Pulogadung

Sebagian besar pemudik hendak menuju rute jarak pendek seperti Merak, Tasik ataupun Cirebon.

oleh Liputan6 diperbarui 17 Jul 2015, 19:01 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2015, 19:01 WIB
20150710-Mudik H-6 Lebaran, Begini Suasana Terminal Pulogadung-Jakarta 2
Dua orang pria sedang menarik gerobak berisi barang penumpang di terminal Pulogadung, Jakarta, Jumat (10/7/15). Terminal Polugadung memberangkatkan sebanyak 521 penumpang dan bus yang diberangkatkan sekitar 118 bus. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah perayaan Hari Raya Idulfitri 1436 Hijriah atau Lebaran hari pertama, Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Pulogadung, Jakarta Timur, masih memperlihatkan aktivitas keberangkatan sejumlah pemudik ke kampung halaman masing-masing.

Pada hari ini, pihak terminal mencatat sekitar 31 bus telah diberangkatkan mengangkut sebanyak 372 orang pemudik. "Jumlah bus hingga pukul 07.00 WIB tadi ada 31 unit bus yang berangkat dan penumpang 372 orang," ucap Kepala Terminal Bus AKAP Pulogadung, Simon Ginting, Jumat (17/7/2015).

Sedangkan untuk terminal kedatangan ada sekitar 36 bus yang membawa sebanyak 281 penumpang tiba di Terminal Pulogadung.

Hingga sore tadi, Simon mengungkapkan masih terdapat penumpukan armada bus. Kondisi tersebut telah berlangsung dalam beberapa hari terakhir akibat cenderung rendahnya peminat mudik jalur darat menggunakan bus pada tahun ini.

Hal tersebut cukup disayangkan Simon, mengingat selain kegiatan rutin pihaknya tahun ini juga berusaha meningkatkan pengamanan di Terminal Pulogadung demi menambah kenyamanan para calon penumpang.

"Tahun ini di pos pengamanan diturunkan 170 personel, yang 60 di antaranya berasal dari Kepolisian RI beserta sejumlah elemen lain seperti koramil dan babinsa," ujar dia.

"Tetapi memang saya perkirakan kalaupun pemudik bus turun, itu tidak lepas dari peralihan ke kereta api, mudik kendaraan pribadi atau mudik gratis dari sejumlah perusahaan," imbuh Simon.

Sementara itu, untuk sisa keberangkatan pemudik hari ini, Simon menuturkan sebagian besar akan menuju rute jarak pendek seperti Merak, Tasik ataupun Cirebon. (Ant/Ans/Mut)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya