Ayo Mengenal Sejarah Kerajaan Gorontalo sambil Berwisata di Desa Bubohu

Desa Adat Bubohu juga merupakan tempat belajar untuk mengenal lebih jauh sejarah dari Kerajaan Gorontalo.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 21 Nov 2018, 05:04 WIB
Diterbitkan 21 Nov 2018, 05:04 WIB
Desa Wisata Religi di Gorontalo
Desa Wisata Religi di Gorontalo (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Liputan6.com, Gorontalo - Desa Bongo, Desa wisata religi yang terletak di Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo merupakan sebuah desa yang terletak di pesisir teluk Tomini. Kecamatan ini berbatasan langsung dengan Kota Gorontalo.

Tempat ini spektakuler karena memiliki keunikan adat dan budaya. Desa Bubohu memiiki aset pariwisata alam dan religius lainnya.

Terkenal dengan sebutan Desa Bubohu, atau juga dikenal dengan nama Desa Bongo ini berjarak sekitar 35 kilometer dari Bandara Jalaludin dan 10 Kilometer dari Kota Gorontalo.

Desa Adat Bubohu juga merupakan tempat belajar untuk mengenal sejarah Kerajaan Gorontalo.

Maa Taduwolo, sebuah tempat di dalam lingkungan desa adat ini menyimpan beragam informasi yang berkaitan dengan sejarah Kerajaan Gorontalo. Salah satunya kumpulan fosil kayu di depan pintu masuk desa wisata yang berbaris rapi di atas permukaan tanah.

Penelusuran Liputan6.com, sejuknya alam terbuka dengan fasilitas dari hasil alam, seperti pondok-pondok kecil yang beratapkan daun rumbia, memiliki daya pikat tersendiri. Hadirnya ratusan burung merpati seolah menyambut meriah para pengunjung.

Yudit Ilahude, salah satu pengunjung mengaku, merasa beruntung bisa mengunjungi tempat yang indah seperti Desa Bubohu. Apalagi semua fasilitas di lokasi bisa dinikmati dengan gratis. Ia menambahkan, Desa Bubohu sangat layak menjadi destinasi unggulan di Provinsi Gorontalo.

"Bisa beristrirahat menggunakan fasilitas Wombohe (Pondok) dengan gratis. Serasa kami sedang melakukan tadabur alam atau bersentuhan langsung dengan alam," ucapnya.

Iqbal Handju, pengunjung lainnya mengatakan, Desa Bubohu merupakan pilihan wisata unggulan.

"Sangat pas karena sangat ekonomis. Suasana tenang, anak-anak saya bermain dengan ratusan burung merpati yang bersahabat," kata dia.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan panjang, tidak perlu khawatir, karena Anda bisa tinggal ataupun menginap di sekitar desa itu. Walaupun dari luar terlihat seperti rumah adat dan rumah warga, tetapi di dalamnya terdapat fasilitas yang memuaskan dan sangat nyaman.

Di lokasi juga ada kolam renang tanpa dipungut biaya. Tidak ada biaya tiket yang perlu Anda keluarkan, karena sudah dibiayai pemerintah setempat. Menarik bukan? Jadi, jangan lewatkan kesempatan mendatangi Desa wisata Bongo apabila Anda sedang berkunjung ke Gorontalo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya