Plt Wali Kota Medan Mulai Masuk Kerja Usai Hasil Tes Swab Negatif Covid-19

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, mulai masuk kerja di Balai Kota Medan usai menjalani perawatan akibat virus Corona Covid-19 dan hasil tes swab sebanyak 2 kali dinyatakan negatif.

oleh Reza Efendi diperbarui 27 Agu 2020, 14:21 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2020, 15:20 WIB
Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution
Akhyar juga mengakui saat ini dirinya dalam keadaan baik.

Liputan6.com, Medan - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, mulai masuk kerja di Balai Kota Medan usai menjalani perawatan akibat virus Corona Covid-19 dan hasil tes swab sebanyak 2 kali dinyatakan negatif.

Di Balai Kota Medan Akhyar tampak dalam keadaan sehat. Bahkan, Akhyar juga mengakui saat ini dirinya dalam keadaan baik. Terkait kondisinya, Akhyar mengaku sudah bisa beraktivitas menjalankan tugas sebagai Plt Wali Kota Medan.

"Alhamdulillah, sehat. Aku sudah bisa beraktivitas," kata Akhyar, Senin (24/8/2020).

Walau kondisi sudah membaik, namun Akhyar mengaku masih belum bisa secara full (penuh) bekerja seperti sediakala. Untuk sementara waktu, pekerjaan dan tugas-tugas sebagai Plt Wali Kota Medan dijalankannya setengah hari.

"Walaupun belum bisa full, saya sudah mulai. Setengah hari saya istirahat," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Berat Badan Turun

Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyatakan Akhyar terkonfirmasi positif Covid-19 hasil tes swab pada Selasa, 4 Agustus 2020.

Diakui Akhyar, selama lebih kurang satu bulan dalam masa perawatan akibat terpapar virus Corona Covid-19, berat badannya mengalami penurunan hingga 6 Kilogram (Kg). Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyatakan Akhyar terkonfirmasi positif Covid-19 hasil tes swab pada Selasa, 4 Agustus 2020.

"Iya, turun (berat badan) 6 kilo. Tapi, syukur dan alhamdulillah bisa beraktivitas kembali," ungkapnya.

Sebelum dinyatakan positif Covid-19, Akhyar sempat mengalami gejala-gejala seperti flu dan demam. Kemudian diminta memeriksakan diri ke rumah sakit, dan hasilnya positif Covid-19.


Tes Swab Negatif

Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution
Perwal tersebut berisi tentang karantina kesehatan dengan melaksanakan cluster isolation serta wajib menggunakan masker bagi siapa saja yang berada di Kota Medan saat di luar rumah.

Pada Kamis, 20 Agustus 2020, dalam video berdurasi 57 menit yang diperoleh Liputan6.com, Akhyar Nasution tampak menggunakan masker dan memakai baju batik mengatakan, setelah lebih kurang 2 minggu menjalani perawatan akibat Covid-19, kemudian menjalain tes swab hasilnya negatif.

Terkait dengan hasil negatif tersebut, Akhyar akan melanjutkan isolasi mandiri di rumah. Diungkapkannya, kesehatan dapat menjadi energi untuk dapat melaksanakan tugas-tugas Pemerintahan Kota (Pemko) Medan.

"Terima kasih atas doa dan dukungan dari seluruh warga Kota Medan," kata Akhyar dalam video tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya