Kronologi Santri TPQ asal Banjarnegara Tenggelam di Pantai Jetis Cilacap

Santri tersebut tenggelam saat rombongan TPQ Baitul Nur Huda, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, sedang melaksanakan tugas sekolah di sekitar Pantai Jetis, Kabupaten Cilacap

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Feb 2021, 10:13 WIB
Diterbitkan 16 Feb 2021, 10:12 WIB
Ilustrasi pencarian korban tenggelam di pantai. (Foto: Liputan6.com/HNSI/Muhamad Ridlo)
Ilustrasi - Warga turut mencari dua nelayan yang hilang tenggelam di Pantai Lengkong, Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/HNSI/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Cilacap - Seorang santri Tempat Pendidikan Al Quran (TPQ) Baitul Nur Huda, Banjarnegara dilaporkan tenggelam di Pantai Congot, Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa pagi 16/2/2021) sekitar pukul 07.30 WIB.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan laporan tenggelamnya santri tersebut diterima oleh petugas piket Ambar (SAT Jetis) Pukul 08.30 WIB.

Rombongan siswa TPQ Baitul Nur Huda, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, sedang melaksanakan tugas sekolah di sekitar Pantai Jetis, Kabupaten Cilacap.

“Namun nahas saat korban sedang berjalan di borderan pemecah ombak atau break water korban terpeleset lalu tenggelam,” katanya, dalam keterangan tertulisnya.

Setelah mengetahui berita tersebut Basarnas langsung memberangkatkan satu regu beserta peralatan lengkap di air seperti rubber boat, life jacket, dua unit rescue car, motor trail, APD Covid-19 untuk bergabung berasama potensi SAR yang ada di lapangan untuk menggelar operasi SAR.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:


Peringatan BMKG

Basarnas memberangkatkan satu SRU untuk pencarian santri tenggelam di Pantai Congot, Jetis, Nusawungu, Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (16/2/2021). (Foto: Liputan6.com/Basarnas)
Basarnas memberangkatkan satu SRU untuk pencarian santri tenggelam di Pantai Congot, Jetis, Nusawungu, Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (16/2/2021). (Foto: Liputan6.com/Basarnas)

“Korban tenggelam atas nama Rizki Aditya (12) Warga RT 02 RW 04 Desa Panerusan Wetan Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah,” ujarnya.

Unsur SAR gabungan yang terlibat dalam pencarian ini adalah Basarnas Cilacap, Polsek Nusawungu, Koramil Nusawungu, Polair Kebumen, Pos AL Logending, SAR Jetis, Bagana dan masyarakat sekitar.

Sebelumnya, BMKG juga telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan selatan Jawa, termasuk Cilacap. Ketinggian gelombang mencapai 2,5-4 meter.

Meningkatnya ketinggian gelombang dipengaruhi oleh pola angin bagian selatan Indonesia yang umumnya bergerak dari Barat Daya - Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya