Alumni SMPN 5 Tanam 30.000 Pohon Sambut HUT ke-414 Makassar

Penanaman pohon itu dilakukan di sepanjang kanal yang ada di Kota Makassar.

oleh Fauzan diperbarui 16 Des 2021, 00:59 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2021, 21:03 WIB
Wali Kota Makassar Danny Pomanto tanam pohon (Liputan6.com)
Wali Kota Makassar Danny Pomanto tanam pohon (Liputan6.com)

Liputan6.com, Makassar - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-414 Kota Makassar, Keluarga Besar Alumni (KBA) SMPN 5 Makassar menggelar aksi penghijauan. Program penghijauan itu digelar di sepanjang seluruh kanal yang ada di Kota Makassar. 

Sedikitnya ada 30.000 bibit pohon yang disebar di 1.000 titik dalam program penghijauan ini. Selain itu ada 18 jenis bibit yang digunakan yakni Mangrove,  jeruk nipis, ketapang kencana, daun salam, tabebuya, spora, coppeng, flamboyan, bunga tanjung, pucuk merah mahoni, rambutan, bibit bitti, bidara, nangka, serikata, kelor dan yang langka pohon eboni. 

Wali Kota Makassar sekaligus Pembina KBA SMPN 5 Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi program KBA SMPN 5 Makassar. 

“Saya berterima kasih atas inisiasi KBA SMPN 5 Makassar bersama pemkot makassar menanam 30 ribu bibit pohon. Pohonnya tidak tanggung-tanggung eboni kayu hitam yang langka yang tumbuh di sekitar Sulteng, momen ini juga bahagian salah satu program perayaan sederhana HUT Kota Makassar di tengah pandemi khususnya kita pada level 2,” ucap Danny.

Pemeliharaannya sendiri, kedepan akan diambil alih oleh kelurahan masing-masing. Ditangani secara serius bekerja sama dengan Kementerian lingkungan hidup. 

Dari kegiatan ini pula, Danny akan menggagas program satu pohon satu orang. 

“Jadi satu pohon satu orang wajib di tanam dan akan saya buatkan perda. Dan buat yang mau menikah juga harus tanam pohon. Satu pohon satu pasangan,” tegasnya. 

Rencana ini sementara digagas bersama semua pihak terkait.  

Dalam kesempatan ini, Ketua KBA SMPN 5, Chaerul Amir berharap, kegiatan ini dapat membawa manfaat besar di kemudian hari buat generasi penerus.

“Program ini sejalan dengan program pusat dimana pada bulan november ini adalah bulan menanam pohon yang puncaknya tanggal 28 November mendatang. Pohon-pohon ini nantinya bisa bermanfaat bagi kehidupan anak cucu kita kedepan. Apalagi programnya pak wali ini ingin mewujudkan Makassar Low Karbo,” pungkasnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya