Jabar Sabet Penghargaan Investasi, Wagub Uu: Bisa Jadi Motivasi Datangkan Investor

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum yang mewakili menerima penghargaan tersebut mengaku mengapresiasi penghargaan ini.

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Feb 2022, 08:35 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2022, 20:47 WIB
Wagub Jabar Uu Rizhanul Ulum saat menerima penghargaan dari Kementerian Investasi atas capaian investasi Jabar 2021. (Istimewa)
Wagub Jabar Uu Rizhanul Ulum saat menerima penghargaan dari Kementerian Investasi atas capaian investasi Jabar 2021. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Provinsi Jawa Barat menerima penghargaan dari Kementerian Investasi atas capaian realisasi investasi 2021. Jabar berada di urutan tujuh besar setelah DKI Jakarta, Jawa Timur, Banten, Riau, Jawa Tengah, dan Maluku Utara.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum yang mewakili menerima penghargaan tersebut mengaku mengapresiasi penghargaan ini. Menurutnya, penghargaan ini menjadi motivasi bagi kabupaten/kota lain di Jabar agar semakin membuka diri pada investor.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Investasi yang sudah memberikan predikat terbaik tingkat nasional tentang investasi di Jabar," ungkap Uu dalam keterangan tertulis, Rabu (16/2/2022).

Uu mengatakan, investasi menjadi penting karena memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan ekonomi, sekaligus daya beli masyarakat. Selain itu, katanya, investasi juga membawa efek domino pada serapan tenaga kerja, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran terbuka.

"Semakin banyak investor yang berinvestasi di Jabar, semakin naik pula ekonomi dan daya beli masyarakat," sebutnya.

Ini terbukti dari statistik angka Jabar setelah investasi berdatangan. Jumlah pengangguran terbuka dapat ditekan signifikan.

"Awalnya pengangguran hampir 3 juta jiwa, Alhamdulillah sekarang sudah menurun sekarang tinggal 1,5 juta jiwa," pungkasnya.

 


Realisasi Investasi Nasional

Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia menyebutkan bahwa Kementerian mencatat realisasi investasi Indonesia di tahun 2021 mencapai Rp901 triliun. Menurutnya, capaian ini merupakan hasil upaya pemerintah daerah sehingga penghargaan ini diselenggarakan.

"Hasil realisasi investasi bukan hanya hasil kerja Kementerian Investasi, tapi juga kepala daerah. Karena itu menurut saya keberhasilan investasi Rp901 triliun adalah keberhasilan kita semua," ungkap Menteri Bahlil.

"Presiden Joko Widodo selalu mengatakan investasi adalah pintu masuk untuk menciptakan lapangan pekerjaan, menyejahterakan rakyat dan memberikan nilai tambah dalam rangka meningkatkan produktivitas negara kita," sambungnya.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya