Literasi Digital Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Gowa

Ketika masyarakat di Kabupaten Gowa mendalami literasi digital berbasis kearifan lokal.

oleh Fauzan diperbarui 26 Agu 2022, 14:22 WIB
Diterbitkan 23 Agu 2022, 11:00 WIB
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menjelaskan literasi digital berbasis kearifan lokal
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menjelaskan literasi digital berbasis kearifan lokal

Liputan6.com, Jakarta Dunia Digitalisasi berkembang cukup pesat saat ini, dimana Internet menjadi salah satu kekuatan pendorong globalisasi yang paling nyata, informasi dapat dengan mudah di dapatkan. 

Setiap negara kini tengah berlomba mempercepat penetrasi internet ke daerah, termasuk Indonesia. Menurut laporan We Are Social 2021, lebih dari 70% total populasi di Indonesia merupakan pengguna internet dan mereka menghabiskan lebih dari 8 jam di dunia digital.

Literasi Digital saat ini sangat diperlukan, terhadap perkembangan digitalisasi, terutama kepada pelajar. Apalagi, kedepan mereka ini akan menjadi harapan pemberdayaan literasi digital Indonesia.

Bahkan adanya beberapa survey, menunjukkan bahwa literasi digital Indonesia perlu ditingkatkan.

Untuk itu, Kementrian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Siber kreasi mengadakan Program Khusus Untuk Peserta Siswa-Siswi SMP Kabupaten Gowa agar Makin Cakap Digital di Tahun 2022 lewat Zoom, Senin (22/8/2022).

Dalam kegiatan ini, kali ini mengangkat tema tentang "Literasi Digital Untuk Mewujudkan Smart City Melalui Kearifan Lokal", yang menghadirkan. tiga narasumber yaitu yaitu Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan, dan Ketua Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Sulsel & Ketua PMI Kota Makassar Syamsu Rizal serta Koordinator Program Literasi Digital, Rizki Ameliah.

Bupati Kabupaten Gowa Adnan Purichita , menjelaskan literasi digital berbasis kearifan lokal sangat diperlukan, dalam membangun pemahaman tentang digitalisasi terutama kepada para pelajara. 

"Dengan berbasis kearifan lokal, tentu akan lebih memudahkan pemahaman diberikan ke masyarakat, termasuk para pelajar," jelasnya 

Adnan menambahkan, dengan literasi digital yang sehat tentu mampu menumbuhkan kreatifitas pengguna internet.

" Literasi digital yang sehat mampu menumbuhkan kreativitas pengguna internet yang sehat sehingga juga mampu memberikan pendidikan internet sehat kepada generasi-generasi muda bangsa yang mampu meningkatkan harkat martabat bangsa."sebut Adnan (*)

 

Simak juga video pilihan berikut ini 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya