Musa Rajekshah Mulai Nyetel dengan Skoda Fabia di Arena APRC 2022 Danau Toba

Hari pertama gelaran Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2022 Danau Toba, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah urutan ketiga secara overall hingga Special Stage (SS) 4 setelah Sean Galael dan Rifat Sungkar.

oleh Reza Efendi diperbarui 24 Sep 2022, 14:24 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2022, 14:24 WIB
Musa Rajekshah
Musa Rajekshah mengendarai Skod Fabia di APRC 2022 Danau Toba (Reza Efendi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Simalungun Hari pertama gelaran Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2022 Danau Toba, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah urutan ketiga secara overall hingga Special Stage (SS) 4 setelah Sean Gelael dan Rifat Sungkar.

Masih ada 4 SS lagi yang akan dilalui hingga Sabtu (24/9/2022) sore nanti. Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah, bersama navigator Hervian Soejono menunjukkan prestasi terbaik selama melintasi Hutan Tanaman Industri Sektor Nauli, Parapat, Simalungun.

Babak awal perlombaan di SS1 Negeri Dolok dengan panjang lintasan 8,19 Km, Ijeck berada di peringkat keempat dengan waktu 8 menit 12,4 detik. Pada sesi ini Sean Gelael meraih puncak di 7 menit 0,5 detik disusul Rifat Sungkar di 7 menit 14,9 detik, dan Ryan Nirwan 17 menit.

Musa Rajekshah terus memacu Skoda Fabia sampai melesat menjadi tercepat kedua di SS4 Gorbus dengan lintasan sepanjang 20,20 Km. Sementara, Sean Gelael bertahan di puncak pertama. Pada sesi ini, pereli asal Kalimantan Timur, Ryan Nirwan, gagal maksimal karena mobilnya mengalami masalah.

"Alhamdulilah 4SS di leg 1. Overall mobil gak ada trouble, dan saya mulai menguasai kendaraan meski tadi di SS1 kami mengalami kendala keluar jalur, SS2 juga ada sikit, tapi di SS3 dan SS4 sudah lebih menguasai," sebut Musa Rajekshah, usai menyelesaikan SS4.

Diakui pereli berjuluk Sang Flamboyan ini, seluruh rivalnya cukup kuat. Tapi dia tetap optimis bisa lebih baik di putaran selanjutnya. "Mudah-mudahan SS selanjutnya bisa lebih menguasai lagi," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Sesuai Ekspektasi

Rifat Sungkar
Pembalap dari Mitsubishi X-PANDER Rally Team, Rifat Sungkar (Reza Efendi/Liputan6.com)

Pembalap dari Mitsubishi X-PANDER Rally Team, Rifat Sungkar mengaku, pada leg 1 di APRC 2022 ini merupakan reli yang tidak pendek, tetapi panjang. Saat ini baru section 1 di leg 1, dan hasilnya sesuai dengan ekspektasi.

"Saat ini kita berada di posisi 2. Kita tahu sekali kapasitas Sean Gelael seperti apa, dan kita tahu kapasitas kita ada di mana. Tapi, kita never give up, reli masih panjang," kata Rifat.

Disebutkannya, masih ada 8 SS lagi di section 2 dan 3. Ini merupakan kesempatan. :Sedikit ada kendala tadi, kita pecah ban. Satu pecah ban, satu lagi bannya sobek, selebihnya oke, tidak ada masalah," ujarnya.

Rifat Sungkar mengaku persiapan di 8 SS ke depan, tetap masih melakukan pemetaan. Dirinya mengaku senang pereli dari Sumut, Musa Rajekshah, pakai mobil baru, Skoda Fabia.

"Artinya, reli pasti akan ada terus. Positifnya, kalau kompetisi saat ini, nanti kita isa mendapatkan kualitas dari kompetisi yang sangat baik," ucapnya.


Trek Lebih Bagus

Rifat Sungkar
Rifat Sungkar dan Sissy Priscillia (Reza Efendi/Liputan6.com)

Diakui Rifat Sungkar, trek saat ini jika dibandingkan Kejurnas Reli Danau Toba putaran pertama sangat berbeda jauh. Rifat juga memberi masukan ke panitia, karena jumlah peserta reli kali ini juga lebih banyak.

"Intinya, zero car atau sweeper harus bekerja untuk menyingkirkan batu, karena batu-batunya sangat besar. Intinya, trek lebih baik dibandingkan sebelumnya," sebut Rifat.


Peserta Reli

APRC 2022
Pembukaan APRC 2022 yang dirangkai dengan Kejurnas Rally Danau Toba (Istimewa)

Secara keseluruhan, event ini diikuti 65 pereli, 8 di antaranya bersaing di APRC termasuk Wagub Sumut, Musa Rajekshah, sisanya bersaing untuk Kejurnas Reli Danau Toba putaran kedua. Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah melawan 7 rivalnya, di antaranya Sean Gelael, Rifat Sungkar, Ryan Nirwan, Rachmat, Attuy Faturahman, Putra Rizky, dan Ricardo Galael.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya