Wisata Religi Gua Maria Tritis Yogyakarta, Tempat Berdoa dan Merenungkan Ciptaan Tuhan

Pada 1974, gua ini mulai dikenal di kalangan umat Katolik.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 21 Des 2022, 18:00 WIB
Diterbitkan 21 Des 2022, 18:00 WIB
Gua Maria Tritis di Gunungkidul
Gua Maria Tritis menjadi tempat ibadah umat Katolik yang berlokasi di Gunungkidul, Yogyakarta. (dok. Instagram @erickhezekiel/https://www.instagram.com/p/BmuZDLTDJNn/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Yogyakarta - Gua Maria Tritis merupakan gua yang terletak di antara perbukitan gunung kapur. Tepatnya, destinasi wisata religi ini berlokasi di Jalan Sapta Sari, Dusun Bulu, Paliyan, Gunungkidul, Yogyakarta.

Destinasi wisata religi ini dijadikan sebagai tempat ziarah bagi umat Katolik. Tempat peribadatan ini berada di gersangnya perbukitan karst, seolah menjadi oase di tengah gurun pasir.

Mengutip dari direktoripariwisata.id, nama 'Tritis' disematkan karena terdapat tetesan air yang selalu menetes di gua ini. Awalnya, gua ini dianggap sepi dan angker, sehingga tak banyak orang yang berani memasukinya.

Oleh karena itu, gua ini dijadikan tempat pertapaan dan persinggahan oleh beberapa pangeran Kerajaan Mataram. Pada 1974, gua ini mulai dikenal di kalangan umat Katolik.

Sejak saat itu, nama gua ini diberi tambahan Maria, sehingga menjadi Gua Maria Tritis yang sekaligus menjadi tempat ziarah umat Katholik. Terdapat stalaktit dan stalakmit yang begitu indah di gua ini, sehingga semakin menambah kekhusyukan berdoa sekaligus menjadi tempat perenungan indahnya ciptaan Tuhan.

Tak banyak ornamen di Gua Maria Tritis, hanya terdapat patung Bunda Maria yang sedang berdoa. Selain itu, juga terdapat sebuah salib besar serta beberapa deret bangku untuk berdoa.

Sebelum memasuki Gua Maria Tritis, peziarah harus menyusuri jalan setapak yang membelah lading jati. Selama perjalanan, pengunjung akan menemukan stasi-stasi yang berisikan diorama proses penyaliban Yesus.

Untuk menemukan lokasi Gua Maria Tritis pun tidak sulit. Lokasinya berada kurang lebih 50 km dari Kota Yogyakarta ke arah Pantai Baron Gunungkidul.

Rute lain yang bisa ditempuh adalah melalui Kota Wonosari jalur menuju Pantai Baron. Sebelum sampai ke Pantai Baron, terdapat pertigaan dan pengunjung bisa mengambil jalur kanan.

Setelah dari Gua Maria Tritis, peziarah dapat melanjutkan perjalanan dengan berwisata ke objek-objek wisata yang letaknya tak jauh dari Gua Maria Tritis. Beberapa destinasi wisata yang ada di sekitar Gua Maria Tritis, antara lain Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Ngobaran, Pantai Ngrenehan, dan lainnya.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya