Dilantik Agum Gumelar, 'Panglima Ta' Resmi Pimpin Pepabri Sulselbar

Mantan Pangdam XIV Hasanuddin itu kini memimpin Pepabri Sulselbar.

oleh Fauzan diperbarui 12 Jan 2023, 15:14 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2023, 13:35 WIB
Agum Gumelar lantik Panglima Ta sebagai Ketua Pepabri Sulselbar (Liputan6.com/Fauzan)
Agum Gumelar lantik Panglima Ta sebagai Ketua Pepabri Sulselbar (Liputan6.com/Fauzan)

Liputan6.com, Makassar - Mayjen TNI (Purn) Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, resmi menahkodai DPD Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri) wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Mantang Pangdam XIV Hasanuddin yang akrab disapa Panglima Ta itu dilantik langusng oleh Ketua Umum Pepabri Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar di Hotel The Rinra Makassar, Rabu (11/1/2023).

Usai dilantik, Andi Muhammad memastikan bahwa dirinya bertekad merajut persatuan di tengah ancaman perpecahan masyarakat. Menurutnya, kader Pepabri Sulselbar harus mampu menjadi ujung tombak atau garda terdepan dalam menjaga harkat dan martabat Republik Indonesia, khususnya di Sulsel.

"Harus bisa menjadi perekat keutuhan bangsa yang harus relevan dengan situasi yang berkembang saat ini. Kader Pepabri itu mesti juga memiliki kewajiban moral untuk menjaga kondisi tetap aman," kata Panglima Ta.

Purnawirawan TNI AD itu mengatakan, nantinya keputusan-keputusan yang diambil harus bisa membawa Pepabri lebih berperan dalam membantu kelancaran pembangunan Indonesia, khususnya di Sulsel dan Barat

"Yang paling penting, Pepabri harus bisa berperan aktif menjadikan Sulsel lebih maju, bersih dan bermartabat serta mampu mengembalikan marwah daerah," ucapnya.

Di akhir pidatonya, Panglima Ta’ berpantun di hadapan ribuan tamu yang hadir. Begini isi pantunnya : Sulawesi Pa’rasanganta, yang selalu ada di hatita, jika ingin Sulsel dan Sulbar terjaga, jangan lupa Panglima Ta.

Sementara Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar menuturkan, Pepabri akan terus melakukan konsolidasi dan evaluasi kekurangan dalam memerankan diri sebagai perekat bangsa. Menurut dia, Pepabri sudah sepatutnya mengoptimalkan peran sebagai perekat bangsa, terutama di tengah penyelenggaraan Pemilu 2024.

Hal tersebut, kata Agum, perlu dilakukan agar kondisi Pemilu 2024 menjadi lebih baik dari Pemilu 2019 yang diwarnai dengan polarisasi. Agum sendiri telah menjadi Ketua Umum DPP Pepabri untuk masa bakti atau periode 2007-2012, 2012-2017, dan 2017-2022.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya