Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara Terpesona Wisata Hiu Paus Bonebol

Baru kali ini Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara bisa bercengkrama langsung dengan hiu paus di lautan lepas di Teluk Tomini.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 09 Feb 2023, 03:00 WIB
Diterbitkan 09 Feb 2023, 03:00 WIB
Tatong Bara dan Bupati Bone Bolango
Walikota Kotamobagu, Tatong Bara saat berinteraksi dengan hiu paus penghuni perairan Bonebol (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara mengaku terpesona dengan destinasi wisata hiu paus Bone Bolango (Bonebol). Dirinya mengaku, baru kali ini bisa bercengkrama dengan ikan raksasa besar di lautan lepas di Teluk Tomini.

Keramahan berinteraksi dengan hiu paus tidak hanya dirasakan langsung oleh Walikota Kotamobagu. Para pejabat daerah lainnya juga bisa mengaku terpukau saat berinteraksi dengan ikan dengan nama latin Rhincodon typus itu.

Menurut Tatong Bara, kehadiran hiu paus jinak di perairan laut Bonebol menandakan bahwa perairan Gorontalo masih sangat asri. Selain itu penangkapan ikan yang ramah lingkungan menjadi salah satu faktor kehadiran ikan besar itu.

"Saya yakin, perairan Gorontalo masih asri. Sehingganya penghuni laut pun mau bersahabat dengan manusia," kata Tatong.

Dirinya berharap, bahwa wisata seperti hiu paus Bonebol sangat langkah di temukan di Indonesia. Meskipun itu ada, tidak seramah hiu paus Bonebol.

"Hanya dengan mengetuk badan perahu saja, hiu itu datang mendekat sambil membuka mulut lebar meminta makanan," ujarnya.

"Saya akan mempromosikan tempat wisata ini ke masyarakat Kotamobagu," ungkapnya.

Selain hiu paus yang ramah, letak objek wisata tersebut sangat strategis. Hal itu bisa memungkinkan pengunjung wisata hiu paus Bonebol akan lebih banyak kedepan

"Berada di pemukiman warga, mudah diakses. Jadi memang potensial sekali," ujarnya sembari mencicipi kuliner khas Gorontalo di lokasi wisata hiu paus .

Kepada Pemerintah Bonebol dirinya berterima kasih karena telah memberikan kesempatan kepadanya dan rombongan untuk bisa menikmatinya wisata Hiu Paus.

"Sesuatu yang spesial bagi kami bisa bertemu dengan ikan besar yang tidak mungkin kami jumpai secara langsung di tempat lain," katanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya