Bandara SAMS Sepinggan Masih Siapkan Mitigasi Penularan Covid-19 Selama Musim Mudik Lebaran 2023

Salah satu penyedia layanan angkutan lebaran yang mulai mempersiapkan diri yakni Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

oleh Apriyanto diperbarui 06 Apr 2023, 00:00 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2023, 00:00 WIB
Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran
Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan saat menggelar rapat koordinasi dengan stakeholder bandara.

Liputan6.com, Balikpapan - Jelang Hari Raya IdulFitri 1444 H, berbagai persiapan dilakukan khususnya pada angkutan lebaran. Diprediksi peningkatan arus mudik pada 2023 ini akan mengalami lonjakan yang cukup signifikan pasca-pandemi Covid 19.

Salah satu penyedia layanan angkutan lebaran yang mulai mempersiapkan diri yakni Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan. Dalam upaya meningkatkan kesiagaan personel serta keamanan, pihaknya bandara pun menggelar rapat koordinasi Airport Security Committtee (ASC) bersama seluruh komunitas Bandara pada Selasa (4/4/2023).

Bertempat di Gedung Serba Guna Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Pelaksanaan ASC, rapat koordinasi itu dihadiri oleh seluruh pemangku kepentingan. Seperti, General Manager Bandara SAMS Sepinggan Ahmad Syaugi Syahab, perwakilan Badan Intelijen Negara Daerah Kalimantan Timur, Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan, Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim, Polresta Balikpapan, TNI-AU Dhomber Balikpapan, Kodim 0905 Balikpapan, Satuan Radar 223 Balikpapan.

Kemudian, Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, Imigrasi Balikpapan, Bea Cukai Balikpapan, Kepala Balai Karantina Pertanian Balikpapan, Kepala BKIPM dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Balikpapan, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Balikpapan, Perwakilan SAR Balikpapan, Kepala BNNK Balikpapan, Polsek Bandara Sepinggan, Perwakilan General Manager Perum LPPNPI Cabang Balikpapan dan Pimpinan masing-masing Airlines.

General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Sepinggan Ahmad Syaugi Syahab mengatakan, sesuai amanah yang dituangkan pada KM 211 tahun 2020 tentang program keamanan penerbangan nasional di mana pelaksanaan ASC di tingkat bandara dilaksanakan sekurang-kurangnya empat kali dalam setahun.

"Pada pertemuan kali ini kita baru melaksanakan pertemuan yang pertama. Pada rapat ASC kali ini kita akan membahas kesiapan dan pemberian keamanan pada para pelaku perjalanan serta pelaksanaan posko lebaran 1444 H tahun 2023," ujar Syaugi.

Salah satu upaya meningkatkan layanan kepada pengguna jasa Bandara SAMS Sepinggan, direncanakan akan dilakukan beautifikasi di Bandara SAMS khususnya pada area kedatangan.

"Kami berharap dengan adanya beautifikasi dapat memberikan suasana baru kepada penumpang baik yang datang maupun berangkat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah VII, Endah Purnama Sari turut mengapresiasi pelaksanaan ASC yang digelar dalam upaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jasa bandara, serta membentuk sinergi bersama para stakeholder Bandara.

"Adapun hal lain yang ingin saya sampaikan pada hari ini, meskipun angka penyebaran Covid-19 telah berkurang bukan berarti kita dapat menurunkan penjagaan begitu saja. Maka dari itu kita harus menyiapkan mitigasi terkait potensi penyebaran Covid-19 yang dapat timbul akibat lonjakan penumpang,” tegasnya.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya