Harlah Pancasila 2023, Tiga Seniman Hebat Sunda Dapat Penghargaan dari Yayasan Sukma Sejati

Tiga seniman dan budayawan hebat Sunda menerima penghargaan bertepatan Harlah Pancasila 2023, Kamis 1 Juni 2023.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Jun 2023, 21:21 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2023, 17:11 WIB
Peringatan Harlah Pancasila di Lapangan Ciawi, Cikeruh, Jatinangor, Kabupaten Sumadeng, Jawa Barat. (Istimewa)
Peringatan Harlah Pancasila di Lapangan Ciawi, Cikeruh, Jatinangor, Kabupaten Sumadeng, Jawa Barat. (Istimewa)

Liputan6.com, Sumedang - Tiga seniman dan budayawan hebat Sunda menerima penghargaan bertepatan Hari Lahir Pancasila pada Kamis 1 Juni 2023.

Penghargaan diberikan langsung Maruarar Sirait dan Shinta Triastuti di Acara Gelaran Seni Budaya dan Festival Jajanan Sumedang yang diinisiasi Yayasan Sukma Sejati, di Lapangan Ciawi, Cikeruh, Jatinangor, Kabupaten Sumadeng, Jawa Barat.

Adapun ketiga penerima adalah Ayi Ruhyat (57) dari Subang, Sukarta dari Majalengka (80) dan Zaenal Mutaqin (51) dari Jatinangor, Sumedang. Ketiganya selama ini bergelut memajukan seni dan budaya Sunda, dan sudah tampil di beberapa negara di dunia.

“Senang sekali mendapat penghargaan hari ini, saya merasa dihargai telah mengabdi memajukan seni dan budaya Sunda. Saya berharap anak muda terus bisa melestarikan seni dan budaya Sunda,” ujar Sukarta, Kamis (1/6/2023).

Senada dengan itu, Ayi Ruhyat seniman Subang mengatakan mengapresiasi panitia dan juga Ara Sirait yang terus memberikan perhatian kepada seniman Sunda.

“Kita akan terus melestarikan budaya Sunda. Karena itu anak-anak muda harus mencintai seni dan budaya Sunda,” tutur Ayi yang dalam waktu dekat diundang pentas di Tasmania, Australia.

Hal itu diaminkan Zainal Mutaqin, seniman Jatinangor, Sumedang. Pemberian penghargaan kepada pelaku seni dan budaya, akan memotivasi seniman-seniman muda untuk terus berkarya dan mencintai seni dan budaya Sunda.

“Saya berharap anak-anak muda terus mencintai seni dan budaya Sunda. Itu cara melestarikan budaya Jawa Barat,” tutur peraih The Best Competion Dance di Thailand tahun 2018.

Diketahui, ribuan warga Jatinangor, Sumedang memadati Lapangan Ciawi, Cikeruh, Sumedang dalam rangka merayakan Harlah Pancasila 2023 dengan tema khusus, “Trisakti Bung Karno” yakni berdalaulat dalam politik, mandiri dalam ekonomi dan berkepribadian dalam sosial budaya.

Acara yang diinisiasi Yayasan Sukma Sejati makin meriah karena juga menyelenggarakan gelaran Seni Budaya dan Festival Jajanan Sumedang.

Tokoh Muda Nasional Maruarar Sirait secara khusus datang menghadiri acara. Pengusaha nasional yang juga alumni UNPAR ini didampingi istri Shinta Triastuti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penampilan dari Sanggar Naisunda Subang

Acara Harlah Pancasila 2023 dimeriahkan penampilan dari Sanggar Naisunda Subang arahan Aditia Napitupulu, Sanggar Ciung Warana, Sumedang arahan Haji Sisanto Davis dan Sanggar Sunda Rancage, Majalengka.

Karno, pedagang buah, yang juga pelaku UKM acara ini sangat bagus. “Terima kasih untuk penyelenggara peringatan Harlah Pancasila 2023. Semoga tiap tahun di gelar.”

Yang hal sama disampaikan, Cici mahasiswi di Sumedang salah satu penari dari Sukma Sejati, mengatakan bahwa sangat senang bisa tampil di acara ini. “Saya sudah menari sejak SD, kesempatan luar biasa bisa tampil di acara Harlah Pancasila 2023.”

Akhir acara dibagikan 1.000 paket bantuan (mie instan, beras, gula, susu dan bubuk teh) bantuan dari Keluarga Ara Sirait.

Infografis Mengenal 8 Fungsi Keluarga
Infografis Mengenal 8 Fungsi Keluarga. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya