Dipakai Jessica Mila, Ini Makna Sortali dalam Pernikahan Adat Batak

Jessica Mila tampil dengan pakaian adat Batak lengkap dengan sortali menghiasi kepala.

oleh Tifani diperbarui 09 Mei 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 09 Mei 2023, 17:00 WIB
Pesona Jessica Mila Jadi Pengantin Batak
Sementara itu, Hair do ditata oleh Woko. Seperti pengantin perempuan Batak lainnya, Jessica mengenakan hiasan kepala bernama sortali. Ikat kepala ini memiliki dasar merah dengan beberapa garis berwarna emas. Ditambah dengan ronce melati dan bunga mawar putih. Credit: Instagram (@marlenehariman)

Liputan6.com, Medan - Aktris Jessica Mila akhirnya resmi diperistri Yakup Hasibuan. Keduanya turut menjalani acara resepsi pernikahan adat Batak.

Momen pesta adat pernikahan keduanya ini pun berlangsung begitu mewah dan meriah. Bahkan, acara resepsi pernikahan tersebut juga kental dengan adat Batak.

Jessica Mila tampil dengan pakaian adat Batak lengkap dengan sortali menghiasi kepala. Sortali merupakan bagian penting dalam pernikahan adat Batak Toba.

Dikutip dari berbagai sumber, sortali merupakan ikat kepala berwarna merah yang dipadukan dengan tembaga berlapis emas. Sortali ini selalu dikenakan pada boru ni raja atau perempuan batak yang akan mengadakan Ulaon Unjuk (Pesta Adat).

Sortali juga wajib digunakan karena tradisi sakral pada pernikahan adat Batak yang melambangkan tentang kemakmuran, dan kebaikan untuk kedua mempelai. Sortali juga melambangkan kebahagiaan yang dirasakan karena bersatunya seluruh keluarga dalam satu ikatan.

Bagian emas pada sortali melambangkan arti kemakmuran untuk kedua mempelai. Lalu, tali pada bagian belakang melambangkan tentang bersatunya seluruh keluarga dalam satu ikatan.

Kemudian warna merah melambangkan arti kekuatan. Oleh para leluhur Suku Batak, sortali digunakan oleh putri-putri Raja Batak sebagai simbolkemakmuran.

Sortali ditempatkan pada tempat yang terhormat yaitu kepala, sehingga melambangkan kehormatan. Sortali juga menambah keanggunan pengantin wanita yang menggunakannya.

Sortali menunjukan kesucian pernikahan adat Batak, kehormatan, kecantikan bagi pengantin dan kebaikan bagi pasangan yang melaksanakan pernikahan dan seluruh keluarga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya