Proyek Gagal 'Lampu Pocong' di Medan, Sejumlah Kontraktor Mulai Kembalikan Uang

Sejumlah kontraktor mulai mengembalikan uang terkait proyek gagal 'Lampu Pocong' di Kota Medan, Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Diketahui, proyek tersebut senilai Rp 21 miliar.

oleh Reza Efendi diperbarui 08 Jun 2023, 14:53 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2023, 14:52 WIB
Lampu jalan
Lampu jalan di Medan

Liputan6.com, Medan Sejumlah kontraktor mulai mengembalikan uang terkait proyek gagal 'Lampu Pocong' di Kota Medan, Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Diketahui, proyek tersebut senilai Rp 21 miliar.

Informasi diperoleh Liputan6.com, per Rabu, 7 Juni 2023, dari 6 kontraktor yang menangani proyek tersebut, 5 di antaranya sudah mulai melakukan pengembalian dengan total Rp 2,85 miliar.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, membenarkan adanya kontraktor yang sudah mengembalikan uang terkait proyek 'Lampu Pocong' yang dinyatakan gagal.

"Iya, memang tidak langsung 100 persen (pembayarannya). Ada yang cicil, ada bayar seminggu (sekali), ada tiga hari (sekali)," kata Bobby.

Diungkapkan Bobby Nasution, jika para kontraktor tidak mengembalikan uang proyek, maka kasus ini akan dibawa ke ranah hukum. Pihaknya memberi waktu 60 hari sejak proyek ini diumumkan gagal pada Selasa, 9 Mei 2023, lalu.

"Jelas ada aturan di situ. Akan kita serahkan ke APH (Aparat Penegak hukum). Bisa kita serahkan ke kepolisian, dan bisa kita serahkan ke kejaksaan," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Soal Pembongkaran

Wali Kota Medan, Bobby Nasution
Wali Kota Medan, Bobby Nasution

Disinggung kapan 'Lampu Pocong' yang sudah terpasang dibongkar, Bobby Nasution menyerahkan sepenuhnya kepada para kontraktor. Namun, para kontraktor memohon agar Pemerintah Kota (Pemko) Medan yang bongkar.

"Kalau mereka sudah membayar, mereka minta kita yang bongkar. Kalau persetujuan mereka, kami akan melakukan pembongkaran," sebutnya.


Proyek Gagal

Lampu pocong
Tangkapan layar smartphone lampu jalan atau biasa disebut 'lampu pocong' (Instagram @medantau)

Sebelumnya, Bobby Nasution menyebut pengerjaan proyek 1.700 lampu jalan yang disebut-sebut 'Lampu Pocong' oleh masyarakat merupakan proyek gagal.

Ada beberapa indikator kegagalan proyek ini, mulai dari proses pengerjaan hingga pembelian material lampu yang tidak sesuai ketentuan.

"Proyek ini kita anggap total loss (gagal) karena pemeriksaan sudah menyeluruh, baik dari material, spek, jarak antar lampu, banyak sekali hampir menyeluruh tidak sesuai yang seharusnya,” kata Bobby Nasution, Selasa, 9 Mei 2023, lalu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya