Pantai Sarangan, Pantai Sepi dan Menenangkan di Gunungkidul

Pantai Sarangan memang terdengar asing, apalagi jika dibandingkan dengan Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Pantai Kukup, atau pantai populer lainnya

oleh Switzy Sabandar diperbarui 18 Jun 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 18 Jun 2023, 06:00 WIB
Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul
Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul

Liputan6.com, Yogyakarta - Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, memang terkenal dengan keindahan alam berupa pantai. Banyak pantai cantik yang bisa dijadikan pilihan destinasi oleh para wisatawan, salah satunya Pantai Sarangan.

Pantai Sarangan memang terdengar asing, apalagi jika dibandingkan dengan Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Pantai Kukup, atau pantai populer lainnya. Meski demikian, Pantai Sarangan juga menyuguhkan keindahan yang tak kalah menawan dari pantai-pantai lainnya.

Mengutip dari visitingjogja.jogjaprov.go.id, lokasi Pantai Sarangan berdekatan dengan Pantai Krakal, tepatnya di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya yang sangat dekat dengan Pantai Krakal kerap membuat pantai ini dianggap masih menjadi bagian dari Pantai Krakal.

Untuk sampai ke tempat wisata Gunungkidul ini, pengunjung membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan jarak sekitar 70 kilometer. Saat sudah semakin dekat dengan lokasi, pengunjung bisa mengikuti papan petunjuk yang banyak ditemui di sekitar lokasi.

Pantai Sarangan memiliki garis pantai yang pendek dengan bentuk melengkung. Hal itu membuat pantai ini cukup berbeda dengan pantai di Gunungkidul lainnya.

Lengkung garis pantai tersebut tidak mencapai 200 meter. Daya tarik lainnya adalah adanya tebing pada sisi kanan dan kiri pantai.

Saat berkunjung ke sini, pengunjung bisa bermain air di tepi pantai dan melihat pesona ombak yang tidak terlalu tinggi. Saat air pantai surut, pengunjung bahkan bisa melihat aneka biota pantai, seperti ikan kecil, bulu babi, kepiting, ubur-ubur, dan lainnyalagi.

Selain itu, pantai ini juga memiliki banyak spot memancing, seperti di pinggir pantai maupun di tebing yang berada di kanan dan kiri pantai. Fasilitas lain yang tersedia, yaitu kamar mandi, musala, tempat parkir, pendopo, hingga warung-warung yang menjual berbagai makanan.

Pantai Sarangan memang belum sepopuler pantai lainnya, sehingga pengunjung yang datang relatif masih sepi. Namun, hal tersebut justru membuat pantai ini terasa lebih private dan menenangkan.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya