Jalan Lingkar Gorontalo Busuk Menjijikkan, Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Jalan yang menghubungkan 3 Kabupaten dan Kota tersebut, selama ini jadi tempat pembuangan sampah. Lokasi terparah ialah di Kecamatan Limboto Barat, Kecamatan Limboto dan Kecamatan Telaga Biru.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 16 Jul 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 16 Jul 2023, 14:00 WIB
Sampah Jalan GORR
Mulai dari sampah plastik, kertas hingga barang-barang rongsokan menghiasi sepanjang jalan lingkar Gorontalo (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Hampir sepanjang Jalan Gorontalo Outer Ring Road (GORR) atau jalan lingkar Gorontalo yang awalnya bersih, kini sudah tidak enak lagi dipandang. Pasalnya, jalan tersebut menjadi tempat pembuangan sampah.

Pantauan Liputan6.com, jalan yang menghubungkan 3 Kabupaten dan Kota tersebut, selama ini jadi tempat pembuangan sampah. Lokasi terparah ialah di Kecamatan Limboto Barat, Kecamatan Limboto dan Kecamatan Telaga Biru.

Sejauh mata memandang, mulai dari sampah plastik, kertas hingga barang-barang rongsokan banyak berserakan. Selain itu, sampah rumah tangga juga ikut dibuang hingga menimbulkan aroma tidak sedap bagi pengendara yang melintas.

"Kalau lewat jalan GORR, pasti bau busuk sampah tercium. Apalagi saat pagi hari, banyaknya memang menyengat," kata Rizal Dako salah satu pengguna jalan GORR.

Menurut Rizal, dirinya memilih jalan GORR karena akses menuju bandara sangat cepat. Namun, selama melintasi jalan ini, pemandangan sangat tidak enak, dikarenakan sampah yang juga berserakan hingga ke badan jalan.

"Saya memilih jalan lingkar Gorontalo sebagai alternatif. Kalau lewat jalan Trans Sulawesi, pasti macet. Ah, taunya jorok" ungkapnya.

Simak juga video pilihan berikut:


Tanggapan Balai Jalan

Jalan GORR Gorontalo
Jalan lingkar Gorontalo atau Gorontalo Outer Ring Road (GORR) Foto: Sarjan Lahay (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Agung Sutarjo menyampaikan, maraknya sampah yang berserakan di sekitar Jalan Gorontalo Outer Ring Road (GORR) memang perlu diperhatikan. Sebab, fenomena ini menjadi hal yang tidak enak dipandang baik untuk masyarakat lokal terlebih tamu yang berkunjung ke Gorontalo.

Terkait hal ini, Agung mengusulkan untuk pembuatan tempat pembuangan sampah di beberapa titik yang ada di jalan GORR. Ia juga menyampaikan rencananya yang akan membangun rest area di tepi jalan GORR, yakni pada titik dimana pengunjung dapat menikmati pemandangan Gorontalo dari atas gunung.

“Kami juga mohon usulan-usulan ini bisa diperkuat dari Pemda. Rencana ini sebenarnya sudah mantap, hanya kemarin sempat isu jadi di drop dulu,” kata Agung.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya mengatakan, perihal sampah di jalan GORR ini telah menjadi perhatiannya. Ia menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan di sepanjang jalan tersebut.

Selebihnya, Ismail menyambut baik usulan BPJN Gorontalo dan akan segera melakukan koordinasi bersama dinas terkait. Ia juga berharap fasilitas rest bisa cepat diwujudkan agar bisa segera dinikmati pengunjung.

“Sampah di jalan GORR itu memang sudah menjadi perhatian saya setiap ke arah Tibawa, beberapa titik menjadi tempat masyarakat membuang sampah,” ia menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya