Deretan Kuliner Indonesia Ini Muncul di Film dan Serial Luar Negeri

Hal ini membuat kuliner khas Indonesia menjadi lebih populer. Hidangan-hidangan ini ada yang ditampilkan secara tersembunyi maupun terang-terangan.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 12 Sep 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 12 Sep 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi Gudeg Jogja (sumber: iStock)
Ilustrasi Gudeg Jogja (sumber: iStock)

Liputan6.com, Yogyakarta - Khazanah kuliner Indonesia tak hanya dapat menarik wisatawan. Ternyata, kuliner Indonesia juga mampu menarik perhatian sineas mancanegara hingga muncul di beberapa film dan serial luar negeri.

Hal ini membuat kuliner khas Indonesia menjadi lebih populer. Hidangan-hidangan ini ada yang ditampilkan secara tersembunyi maupun terang-terangan.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut deretan kuliner Indonesia di serial luar negeri dan film :

1. Gudeg Jogja di Street Food: Asia

Film dokumenter Netflix, Street Food: Asia, tayang perdana pada 2019. Dalam film dokumenter tersebut, gudeg muncul pada musim pertama.

Gudeg muncul dengan cerita perjalanan Mbah Lindu yang merupakan legenda kuliner di Jogja. Dalam penayangannya, dijelaskan bagaimana gudeg bisa menjadi salah satu menu andalan hingga menjadi ikon Yogyakarta.

2. Indomie di Vagabond

Drama Korea Vagabond tayang pada 2019. Dalam drama tersebut, Kim Woo Gi yang diperankan oleh Jang Hyuk-jin tampak sedang menyantap Indomie yang dikemas dalam mangkuk sekali pakai.

Adegan lain yang dilakukan Bae Suzy juga menampilkan dirinya yang sedang mengambil beberapa mangkok mi instan dari lemari penyimpanan. Scene ini cukup eksplisit, sehingga penonton perlu menonton berkali-kali untuk menyadarinya.

 


Masakan Rumah Makan Padang di The Last of Us

3. Masakan Rumah Makan Padang di The Last of Us

The Last of Us merupakan serial HBO garapan Craig Mazin dan Neil Druchmann. Serial ini menunjukkan suasana restoran masakan Padang.

Terdapat beberapa kuliner yang ditampilkan, seperti soto betawi, nasi lemak, rendang, dan lainnya. Tak hanya menampilkan kuliner Indonesia, serial ini juga dibintangi artis senior Indonesia, Christine Hakim dan Yayu Unru.

4. Nasi Liwet di Money Heist Part 3

Money Heist Part 3 yang tayang pada 2019 menghadirkan nasi liwet sebagai menu makan malam. Dalam sebuah adegan, profesor menggelar rapat bersama para anggota perampok Dali dengan nasi liwet sebagai suguhan utama. Nasi tersebut digelar di atas daun pisang lengkap dengan lauk untuk dinikmati bersama-sama.

5. Sate di Crazy Rich Asians

Film Crazy Rich Asians yang dirilis pada 2018 juga sempat menampilkan adegan pemainnya yang menyantap sate. Rachel dan Nick menyantap sate saat sampai di Singapura. Hidangan khas Indonesia ini menjadi pilihan pertama mereka saat berwisata kuliner.

6. Tempe di Anime Shokugeki no Souma

Kuliner khas Indonesia juga pernah tampil di anime Shokugeki no Souma. Dalam cooking anime ini terdapat salah satu adegan yang mengulas tentang tempe dengan sangat detail.

Penjelasan tempe dijabarkan mulai dari bahan hingga cara pembuatannya. Uniknya, dalam anime ini tempe dikreasikan sebagai pelengkap ramen.

7. Nasi Goreng di Jormungand

Selain Shokugeki no Souma, anime lain juga pernah menampilkan kuliner Indonesia. Dalam anime Jormungand, nasi goreng muncul sebagai santapan utama.

Kehadiran nasi goreng juga dibarengi dengan pemilihan Jakarta sebagai salah satu latar tempat di anime ini. Selain nasi goreng, terlihat pula adegan yang menampilkan daftar menu lain, seperti cincau, es doger, hingga es teler.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya