Android 14 Dirilis, Berikut Dafar Ponsel yang Tersedia dan Fitur Menariknya!

Sistem terbaru Android 14 telah resmi dirilis dan untuk sejumlah ponsel akan bisa diakses pada akhir tahun 2023. Selain itu Android 14 memperkenalkan sejumlah fitur menarik yang sayang jika dilewatkan.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 12 Okt 2023, 19:38 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2023, 18:46 WIB
Ilustrasi Android 14 (Foto: Gizchina).
Ilustrasi Android 14 (Foto: Gizchina).

Liputan6.com, Bandung - Sistem operasi terbaru Android 14 saat ini telah resmi dirilis dan dapat dinikmati oleh sejumlah pengguna. Namun perlu diketahui tidak semua ponsel Android mendapatkan update terbaru tersebut.

Sebelumnya, sistem operasi Android 14 sendiri telah merilis versi finalnya untuk seri Google Pixel 8 pada Kamis (5/10/2023). Versi final tersebut juga masuk dalam seri Pixel Pro, Pixel Fold, hingga Pixel Tablet.

Adapun ponsel Android lainnya mulai dari Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Realme, Sony, dan masih banyak lagi akan mulai menghadirkan sistem tersebut. Melansir dari situs resmi Google Android 14 mempunyai personalisasi yang ditingkatkan dengan ‘Material You’.

Ponsel ini juga mempunyai peningkatan kualitas gambar melalui Ultra HDR dan kontrol lebih baik dalam berbagai data. Fitur-fitur terbaru yang menarik juga akan muncul dalam sistem operasi Android 14.

Melansir dari unggahan Instagram Android salah satu fitur menarik yang diberikan oleh sistem operasi ini adalah peningkatan dalam privasi, keamanan, dan tampilan UI (antarmuka). Selain itu fitur wallpaper terbaru dari Android 14 juga menarik bagi sebagian pengguna.

"Siapa yang tidak menyukai aksesori yang dipersonalisasi untuk melengkapi tampilannya? Jelajahi gaya serba guna Anda dengan penyesuaian layar kunci, kini tersedia di #Android14," tulis @android.

Meskipun update sistem tersebut tidak semua tersedia dalam beberapa ponsel, tetapi banyak penggunanya yang menantikan kehadiran Android 14. Namun, ponsel Android lain dipastikan akan segera tersedia pada akhir tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daftar Ponsel Android yang Mendapatkan Update Android 14

Android 14
Google resmi merilis Android 14 untuk perangkat Pixel. (Dok: Android)

Berikut ini adalah daftar ponsel yang mendapatkan dan akan segera menerima update dari Android 14 pada akhir tahun 2023:

1. Perangkat Google: Pixel 4A, Pixel 5, Pixel 5A, Pixel 6, Pixel 6 Pro, Pixel 6A, Pixel 7, Pixel 7 Pro, Pixel 7A, Pixel 8, Pixel 8 Pro, Pixel Fold, dan Pixel Tablet.

2. Samsung

3. Oppo

4. Realme

5. iQOO

6. Sharp

7. Nothing

8. Sony

9. OnePlus

10. Vivo

11. Tecno

12. Xiaomi


Fitur Menarik Android 14

Ilustrasi pemrograman Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi pemrograman Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Berikut ini adalah sejumlah fitur menarik dari Android 14 yang akan kamu terima:

1. Notifikasi berkedip

Salah satu fitur menarik dari update sistem Android 14 adalah munculnya fitur notifikasi berkedip. Fitur ini sangat bermanfaat untuk para pengguna yang berada di lingkungan yang ramai dan bising sehingga tidak bisa mendengar notifikasi, selain itu fitur ini sangat membantu bagi penyandang disabilitas yang mempunyai pendengaran terbatas.

2. Layar Kunci dengan Tema Menarik

Seperti dijelaskan sebelumnya dalam Android 14 penggunanya bisa menyesuaikan layar kuncinya menjadi lebih menarik. Mereka bisa menggunakan template dan tema yang disediakan atau berkreasi dan memanfaatkan foto pribadi, emoji favorit, atau membuat wallpaper AI berdasarkan petunjuk teks.

3. Mengurangi Konsumsi Daya Baterai

Google diketahui membuat sistem operasi Android 14 untuk lebih efisien terutama dengan mengurangi konsumsi daya baterai. Sehingga penggunanya bisa menggunakan ponsel tersebut jauh lebih lama.


Fitur Selanjutnya

Android
Logo baru Android yang diam-diam sudah dipajang Google di sejumlah kesempatan. (Dok: Google)

4. Mempunyai Dukungan Alat Bantu Dengar

Dalam Android 14 salah satu updatenya sangat membantu pengguna yang mempunyai masalah pendengaran. Pasalnya Android 14 mempunyai peningkatan dalam dukungan alat bantu dengar yang membuatnya lebih mudah digunakan karena sistem terbaru ini memisahkan alat bantu dengar dari perangkat Bluetooth lainnya.

Sehingga ada halaman khusus yang membantu penggunanya memilih suara mana yang akan mereka kirim ke alat bantu dengar. Serta suara mana yang akan mereka keluarkan melalui speaker perangkat.

5. Peningkatan Keamanan

Google kembali meningkatkan dan memperbarui keamanan di sistem androidnya terutama untuk terhindar dari serangan malware. Melalui Android 14 terdapat pembatasan yang tidak memungkinkan instalasi aplikasi lama dari Android 5.1 ke bawah.

Adapun perubahan keamanan lainnya salah satunya adalah peningkatan dukungan untuk autentikasi menggunakan kunci sandi. Sehingga penggunanya bisa menggunakan metode autentikasi biometrik seperti sidik jari atau pemindaian wajah untuk pengganti kata sandi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya