Mengenang Sosok Kiki Fatmala, Artis Senior yang Meninggal pada Usia 56 Tahun

Artis senior Indonesia Kiki Fatmala dikabarkan meninggal dunia pada Jumat (1/12/2023).

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 01 Des 2023, 11:21 WIB
Diterbitkan 01 Des 2023, 11:16 WIB
Kiki Fatmala
Artis Kiki Fatmala meninggal dunia di usia 56 tahun akibat komplikasi kanker. Kabar duka ini disampaikan lewat akun Instagram terverifikasinya, 1 Desember 2023. (Foto: Dok. Instagram @qq_fatmala)

Liputan6.com, Bandung - Kabar duka datang dari salah satu artis senior IndonesiaKiki Fatmala. Pada Jumat (1/12/2023), Kiki Fatmala meninggal dunia pada usia 56 tahun dan informasi duka tersebut dibagikan di media sosial Instagram resminya.

"Dengan kesedihan mendalam dan hati yang berat, kami ingin mengumumkan berpulangnya yang tercinta Kiki Fatmala, yang bukan hanya anggota terkasih keluarga kami tetapi juga seorang kerabat yang dikenal oleh banyak orang,” tulis akun @qq_fatmala dikutip Jumat (1/11/2023).

Melansir dari unggahan yang sama, Kiki Fatmala diketahui meninggal dunia karena kompikasi akibat kanker. Pihak keluarga meminta adanya privasi dan pengertian dari publik karena tengah berduka dan kehilangan.

Adapun acara pemakaman Kiki Fatmala akan digelar secara tertutup dan hanya dihadiri oleh keluarga serta teman-teman terdekat. Pihaknya juga meminta penghormatan serta pengertian agar bisa diberikan ruang untuk berduka.

Pihak keluarga juga meminta pihak media dan publik menghormati keinginan keluarga untuk menggelar pemakaman secara privasi. Pihaknya juga tidak akan memberikan wawancara atau pernyataan tambahan.

Kami dengan tulus meminta agar media dan publik menghormati keinginan privasi keluarga kami selama masa sulit ini. Pernyataan ini adalah satu-satunya komunikasi resmi dari keluarga, dan kami tidak akan memberikan wawancara atau pernyataan tambahan selain ini,” jelas keterangan keluarga.

Selain itu, pihak keluarga juga dengan tegas menyatakan jika ada pihak-pihak yang ingin mengirimkan karangan bunga. Keluarga meminta agar digantikan dengan sumbangan kepada badan amal sebagai penghormatan kepada Kiki Fatmala.

Bagi yang ingin mengirimkan karangan bunga, keluarga meminta agar digantikan dengan sumbangan kepada badan amal sebagai penghormatan untuk Kiki Fatmala. Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada para penggemar, teman-teman, dan rekan-rekan beliau atas pesan-pesan simpati dan dukungannya. Kami sangat menghargai pengertian rekan-rekan semua selama masa sulit ini. Terima kasih,” tulis keterangan keluarga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berjuang Melawan Kanker Sejak 2021

Tampilan Terbaru Kiki Fatmala Setelah Berjuang Melawan Kanker Paru
Artis Kiki Fatmala mengabarkan jika ia mengidap penyakit kanker paru stadium 4. Setelah melakukan kemoterspi di Singapura ia pun dinyatakan sembuh. Intip penampilan terbarunya. Instagram/qq_fatmala

Melansir dari beberapa sumber, Kiki Fatmala didagnosis mengidap kanker paru-paru sejak 19 November 2021. Melalui unggahan pribadinya di Instagram Kiki mengatakan jika kanker paru-parunya tersebut telah memasuki Stadium IV.

19 November 2021 hari semuanya berubah. Itu adalah hari dimana saya didiagnosis menderita Kanker Paru-Paru Stadium IV,” tulisnya pada 20 November 2022.

Artis senior Indonesia tersebut juga pernah membagikan perjalanan proses pengobatannya di rumah sakit Singapura. Diketahui Kiki pertama kali menjalani tes kanker pada 23 November 2021.

Sejak itu, Kiki kemudian menjalani sejumlah penyembuhan mulai dari radioterapi, kemoterapi, hingga terapi imun dan sembuh di bulan April 2022. Saat itu Kiki menceritakan bahwa perjalanan tersebut membuatnya menghargai setiap momen dalam kehidupannya.

Ini adalah sebuah perjalanan yang menunjukkan saya bahwa mukjizat itu nyata dan untuk menghargai setiap momen dalam perjalanan yang disebut kehidupan ini,” tulisnya.

Saat ini, Kiki Fatmala dikabarkan meninggal dunia pada Jumat, 1 Desember 2023 dikarenakan komplikasi akibat kanker. Kabar duka tersebut dibagikan langsung oleh pihak keluarga melalui Instagram resminya.

Kiki Fatmala meninggal dunia pada 1 Desember 2023 pada usia 56 tahun, karena komplikasi akibat kanker,” tulisnya.


Profil Kiki Fatmala

[Fimela] Kiki Fatmala
Kiki Fatmala (Instagram/qq_fatmala)

Kiki Fatmala merupakan artis senior asal Indonesia yang lahir pada 14 Agustus 1967 di Jakarta. Kiki juga dikenal sebagai seorang perempuan keturunan Sunda-Minahasa dan Pakistan-Iran.

Kiki sudah pernah menikah pada 14 Agustus 2004 bersama Christian Froeschel di Swetle, Austria. Namun pernikahannya tidak berlangsung lama karena hanya bertahan selama dua tahun hingga akhirnya bercerai pada 5 Desember 2006.

Setelah 14 tahun lebih menjanda, Kiki kemudian menikah lagi dengan seorang bule bernama Christopher pada akhir 2020. Saat itu, pernikahannya berlangsung secara tertutup dan hanya dihadiri oleh para keluarga dan teman dekatnya saja.


Perjalanan Karier Kiki Fatmala

Kiki Fatmala. (Instagram/ qq_fatmala)
Kiki Fatmala. (Instagram/ qq_fatmala)

Kiki mengawali kariernya sebagai artis dengan berperan dalam film “Permainan Di Balik Tirai” yang tayang pada tahun 1988. Kiki mulai laris berperan dalam film-film panas sejak 1988.

Adapun sejak 1992 Kiki mulai berakting dalam layar kaca salah satunya melalui sinetron komedi bertajuk “Ada Ada Saja”. Nama Kiki Fatmala semakin dikenal publik usai berperan sebagai karakter bernama Mariam di sinetron horor komedi “Mariam Si Manis Jembatan Ancol 2” dan saat itu sinetron horor tersebut menjadi hits pada tahun 1994.

Kiki diketahui lebih aktif membintangi film atau sinetron yang mempunyai genre horor atau komedi di Indonesia. Kiki juga pernah berprofesi sebagai guru aerobik dan mendirikan satu sanggar bernama Kifa.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya