Profil Buya Syakur, Ulama Kharismatik Indramayu yang Meninggal Dunia Hari Ini

Ulama senior asal Indramayu, Buya Syakur dikabarkan meninggal dunia.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 17 Jan 2024, 11:28 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2024, 11:28 WIB
Buya Syakur Meninggal Dunia di RS Mitra Plumbon, Cirebon
Buya Syakur Meninggal Dunia di RS Mitra Plumbon, Cirebon

Liputan6.com, Bandung - Kabar duka datang dari salah satu ulama senior Indonesia yaitu KH Syakur Yasin atau dikenal dengan nama Buya Syakur. Sosoknya dikenal sebagai ulama asal Indramayu yang kharismatik.

Buya Syakur dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (17/1/2024) pukul 02.00 WIB dini hari di Rumah Sakit Mitra Plumbon, Cirebon, Jawa Barat. Melansir dari Nu Online kabar tersebut dibagikan langsung oleh orang terdekat Buya Syakur kepada Kiai Rifqiel Asyiq.

"Innalillahi wainna ilaihri raaji’un. Sampun kapundut dateng kersane Gusti Allah (telah dipanggil ke Rahmatullah) KH. Buya Syakur Yasin Cadangpinggan. Mugi Husnul Khatimah," tulis Rifiel pada salah satu grup WhatsApp.

Sosok Buya Syakur dikenal sebagai ulama kelahiran 1948 dari Desa Tulungagung, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Beliau dikabarkan meninggal dunia di usia 75 tahun.

Selain itu Buya Syakur dikenal sebagai sosok ulama yang pengajiannya rutin diikuti oleh berbagai lintas kalangan. Mulai dari secara luring di Pesantren asuhannya yaitu Pondok Pesantren Cadangpinggan atau secara daring di kanal YouTubenya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil Buya Syakur

Buya Syakur
Pengasuh Ponpes Cadangpinggan Indramayu Kh Abdul Syakur Yasin. (Istimewa)

Melansir dari Nu Online KH Syakur Yasin atau akrab dikenal sebagai Buya Syakur merupakan ulama senior kelahiran 2 Februari 1948 di Desa Tulungagung, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Ia dikenal sebagai ulama asal Indramayu yang pernah menempuh pendidikan selama belasan tahun di Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat. Kemudian Buya Syakur menimba ilmu di sejumlah negara di Timur Tengah.

Di antaranya di Irak, Suriah, Libya, Tunisia, hingga Mesir dan sebelum kembali ke Indonesia ia juga pernah menempuh pendidikan di Oxford, Inggris. Buya Hamka juga dikenal sebagai pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Cadangpinggan.

Selain fokus sebagai pendiri dan pengasuh di Ponpes Cadangpinggan Buya Syakur juga sering mengisi kajian-kajian masyarakat dan sebagian kajiannya turut di unggah di media sosial.

Ia juga mempunyai sejumlah karya seperti berikut ini:

1. Renungan Spiritual Buya Syakur Yasin.

2. Surat-Surat Cinta Buya Syakur Yasin.

3. Menembus Palung Hati yang Paling Dalam.

4. Buku Wamima: Zikir Wamima dan Doa Ya Latif.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya