Catat, 6 Rekomendasi Kuliner di Sekitar Stasiun Purwakarata

Stasiun Purwakarta merupakan stasiun bersejarah yang sudah sejak lama jadi tempat transit beberapa kereta terutama kereta lokal. Berikut ini rekomendasi kuliner di sekitar Stasiun Purwakarta yang bisa dinikmati.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 02 Mei 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 02 Mei 2024, 12:00 WIB
Buka Pagi di Kuburan Kereta Warna-Warni
Kuburan kereta di Stasiun Purwakarta. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Bandung - Purwakarta merupakan salah satu kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini juga dikenal sebagai kota pensiun karena dulu dikenal dengan suasana kotanya yang jauh dari hiruk pikuk kendaraan seperti kota lainnya.

Kota ini juga berlokasi di tengah-tengah jalur perlintasan antara kota Bandung dan kota Jakarta. Kota Purwakarta memiliki salah satu stasiun kereta api bersejarah yang sudah beroperasi sejak 1902.

Sejak dahulu Stasiun Purwakarta atau PWK sudah melayani jenis kereta jarak jauh maupun kereta lokal. Kereta ini dibangun oleh Staatsspoorwegen (SS) dengan tujuan sebagai jalur yang dibangun untuk memangkas waktu tempuh perjalanan kereta api rute Jakarta - Bandung.

Jalurnya menjadi sangat diandalkan bila dibandingkan dengan melewati jalur lamanya yang melalui daerah Cianjur. Sehingga, saat itu tujuan berdirinya jalur tersebut untuk pengguna jasa yang ingin lebih cepat tiba di Bandung.

Bangunan Stasiun Purwakarta juga masih memiliki desain arsitektur yang megah gaya kolonial Belanda. Sampai saat ini stasiunnya masih digunakan sebagai titik transit penting untuk perjalanan kereta api.

Masyarakat terutama pelanggan kereta api lokal banyak melakukan transit di stasiun ini untuk melanjutkan perjalanannya ke kota Jakarta atau kota Bandung. Terkadang masyarakat memanfaatkan waktu transit mereka dengan mencicipi kuliner khas yang tidak terlalu jauh dari stasiunnya.

Melalui artikel ini ada beberapa tempat makan yang bisa jadi inspirasi untuk memanjakan perut ketika tiba di Stasiun Purwakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


6 Rekomendasi Kuliner di Sekitar Stasiun Purwakarta

[Bintang] Jawa Barat
Stasiun Kopi Purwakarta, Purwakarta, Jawa Barat. (Sumber Foto: gginanjar05/Instagram)

1. Stasiun Kopi Purwakarta

Stasiun Kopi Purwakarta merupakan kedai kopi yang menyajikan beragam menu tidak hanya minuman tetapi juga makanan yang menggugah selera. Melansir dari media sosialnya tempat ini juga menyajikan menu makanan berat dan cemilan nikmat.

Tempat ini tidak jauh dari Stasiun Purwakarta karena bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 130 m atau 2 menit perjalanan. Melansir dari ulasan Google tempat ini meraih rating 4.5 dari total 2.965 pengguna.

Pengunjung bisa datang ke alamatnya yang ada di Jl. K.K. Singawinata No.15, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 10.00 hingga 23.00 WIB.

2. Mie Ayam Lesehan Stasiun Purwakarta

Bagi pecinta mie ayam tempat ini bisa jadi destinasi pilihan untuk memanjakan perut karena dikenal sebagai mie ayam terenak di Purwakarta. Menurut sejumlah pembeli tempat makan ini memiliki beberapa variasi mie ayam dengan harga yang murah.

Pengunjung yang ingin mencicipi Mie Ayam Lesehan Stasiun Purwakarta bisa menempuh perjalanan berjalan kaki sekitar 200 m atau 3 menit dari stasiun. Lokasinya berada di Kios Area Stasiun, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Mie Ayam Lesehan Stasiun Purwakarta memiliki jam buka setiap hari pukul 10.00 hingga 18.00 WIB. 


Berikutnya

Kangen Masakan Sunda? Ini 10 Resto yang Pantang Dilewatkan!
Pecinta makanan Sunda, jangan sampai absen menyantap hidangan ciamik di 10 restoran ini!

3. Rumah Makan Ibu Haji Ciganea (IHC)

Rumah Makan Ibu Haji Ciganea (IHC) merupakan sebuah restoran yang terkenal dan menyajikan berbagai menu makanan khas Sunda. Misalnya saja sajian makanan nasi timbel, karedok, hingga gepuk yang menggugah selera.

Salah satu cabang Rumah Makan Ibu Haji Ciganea (IHC) berlokasi tidak jauh dari Stasiun Purwakarta karena bisa ditempuh dengan jarak 350 m atau 5 menit berjalan kaki. Bagi pengunjung yang tidak kuat berjalan bisa menaiki kendaraan dengan waktu tempuh 2 menit.

Melansir dari ulasan Google tempat ini meraih rating 4.5 dari total 230 ulasan pengguna. Lokasinya ada di Jl. Laks. Laut RE. Martadinata No.22, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari.

4. Ayam Geprek Sambel Cenghar

Ayam Geprek Sambel Cenghar dikenal dengan menu ayam gepreknya yang memiliki sambal khas yang diulek secara mendadak. Tempat makan ini juga memiliki menu populer ayam geprek dengan nasi tutug oncom.

Tempatnya juga tidak jauh dari Stasiun Kereta Api Purwakarta karena bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 400 m atau dengan waktu tempuh 6 menit. Melansir dari ulasan di Google Ayam Geprek Sambel Cenghar mempunyai rating 4.5 dari total 956 pengguna.

Lokasi Ayam Geprek Sambel Cenghar ada di Jl. Laks. Laut RE. Martadinata No.17, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.


Selanjutnya

Ilustrasi Sate Maranggi | satemaranggi_ibuyayah dari Instagram
Ilustrasi Sate Maranggi | satemaranggi_ibuyayah dari Instagram

5. Sate Maranggi Maskar Ajib

Kurang lengkap rasanya bila berkunjung ke Purwakarta tidak mencicipi makanan khasnya yaitu Sate Maranggi. Diketahui tempat makan sate ini menjadi salah satu kuliner populer yang wajib untuk dicicipi.

Sate Maranggi Maskar Ajib berlokasi tidak jauh dari Stasiun Purwakarta dan Alun-Alun Purwakarta. Tempat ini berjarak sekitar 800 meter atau menggunakan kendaraan bisa memakan waktu sekitar 4 menit.

Memiliki rating 4.5 dari total 902 ulasan Google tempatnya berlokasi di Jl. Mr. Dr. Kusumahatmaja No.3, Cipaisan, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

6. Ghonam Restography

Ghonam Restography adalah restoran keluarga yang menyajikan berbagai menu makanan dan minuman bervariasi. Melansir dari media sosialnya tempat ini memiliki menu makanan berat seperti sop kambing hingga sate.

Restoran ini berlokasi tidak jauh dari Stasiun Purwakarta karena berjarak sekitar 110 meter atau 2 menit perjalanan dengan berjalan kaki. Mengutip dari ulasan di Google tempatnya juga meraih rating 4.6 dari total 116 ulasan pengguna.

Lokasi Ghonam Restography ada di sekitar Stasiun Kopi Purwakarta samping gedung kembar, Jl. K.K Singawinata Samping Stasiun Kopi No.16, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya