SBY Ajak Alumnus Akmil Seangkatan Upacara 17 Agustus di Pacitan

Berdasarkan informasi, sekitar 300 alumnus Akmil yang satu angkatan dengan SBY akan menghadiri upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI dan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Pendopo Kabupaten Pacitan.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 07 Agu 2024, 15:29 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 15:29 WIB
SBY bersama dua putranya, AHY dan Edy Baskoro upacara HUT RI di Pacitan. (Istimewa)
SBY bersama dua putranya, AHY dan Edy Baskoro upacara HUT RI di Pacitan. (Istimewa)

Liputan6.com, Surabaya - Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyatakan, Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan hadir dan mengikuti rangkaian upacara bendera memperingati HUT Ke-79 RI di halaman Pendopo Kabupaten Pacitan pada Sabtu 17 Agustus 2024.

"Insyaallah begitu, jika tidak aral beliau hadir dan mengikuti rangkaian upacara memperingati HUT Ke-79 RI dan detik-detik pembacaan proklamasi di Pendopo Kabupaten Pacitan," katanya, Rabu (7/8/2024).

Aji, sapaan Indrata Nur Bayuaji, mengatakan SBY tidak hadir sendirian dalam acara tersebut, karena akan membawa teman-teman semasa menjalani pendidikan di Akademi Militer (Akmil).

“Menurut kabar, Pak SBY tidak sendiri. Mau mengajak angkatan beliau (SBY) ketika di Akmil," kata dia.

Berdasarkan informasi, sekitar 300 alumnus Akmil yang satu angkatan dengan SBY akan menghadiri upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI dan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Diketahui, SBY adalah lulusan Akademi Angkatan Bersenjata RI (Akabri) tahun 1973.

"Kurang lebih informasinya yang telah masuk 300-an. Nanti pasti di-update lagi. Sementara memang Beliau upacara di sini (Pacitan)," katanya.

Pada tahun lalu, SBY juga menghadiri upacara HUT RI dan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Tahun 2023, SBY didampingi oleh kedua anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono, dalam acara tersebut.

SBY tiba di Pendopo sekitar pukul 09.58 WIB didampingi dua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

SBY duduk kursi kehormatan yang ada di barisan depan, berdampingan dengan Bupati Pacitan Indrata Nurbayuaji, yang ada di dalam bangunan pendopo. Sementara pelaksanaan upacara bendera Kemerdekaan RI digelar persis di halaman depannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sapa Tamu Undangan

Bikin Baper, Ini Arti Klub Voli dan Cafe 'Lavani' Milik SBY
Bikin Baper, Ini Arti Klub Voli dan Cafe 'Lavani' Milik SBY (Sumber: Instagram/lavani.forever/Twitter/@taraafz)

Pada akhir upacara, SBY sempat menyapa para tamu undangan lain yang dilaluinya, sebelum beranjak meninggalkan lokasi upacara.

"Selamat ulang tahun kemerdekaan untuk kita semua. Semoga Indonesia semakin maju dan sejahtera. Semoga juga Pacitan ke depan bisa melahirkan sumber daya manusia unggul, yang bisa berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan negeri tercinta kita ini," ucap SBY sembari menelungkupkan kedua telapak tangan di depan dada diiringi kepala sedikit menunduk tanda hormat.

Kehadiran tokoh nasional kelahiran asli Pacitan ini pun tak pelak mendapat apresiasi masyarakat Pacitan. Ini kesekian kali SBY mengikuti peringatan detik-detik proklamasi di Pacitan, ketimbang menghadiri upacara di Istana Merdeka.

Infografis Pertemuan Prabowo dengan Megawati, SBY dan Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Pertemuan Prabowo dengan Megawati, SBY dan Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya