PLTP Ijen Bondowoso Siap Diresmikan Desember 2024, Tingkatan Keandalan Pasokan Listrik Jawa dan Bali

Proyek PLTP Ijen termasuk dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL), yaitu rencana pembangunan ketenagalistrikan 10 tahun untuk wilayah operasi PT PLN (Persero).

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 12 Agu 2024, 19:37 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2024, 19:37 WIB
Proses  peninjauan lapngan proyek PLTP Belawan Ijen (Istimewa)
Proses peninjauan lapngan proyek PLTP Belawan Ijen (Istimewa)

 

Liputan6.com, Bondowoso - Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ijen yang digarap oleh PT Medco Cahaya Geothermal (MCG) hampir rampung.

Sesuai rencana, PLTP Ijen akan diresmikan pada Desember 2024 dan beroperasi secara komersial pada awal Januari 2025 mendatang.

PT Medco Cahaya Geothermal merupakan pengembang PLTP Ijen yang ada di daerah Belawan, Kabupaten Bondowoso dan telah mendapatkan persetujuan Studi Kelayakan Proyek dari Menteri ESDM.

Proyek PLTP Ijen termasuk dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL), yaitu rencana pembangunan ketenagalistrikan 10 tahun untuk wilayah operasi PT PLN (Persero).

Selain itu, PLTP Ijen merupakan program pemerintah untuk mengoptimalisasi pemanfaatan energi baru terbarukan guna mendorong tercapainya kedaulatan energi nasional.

Senior Manager External Relations PT MCG Ibnu Nurzaman menyampaikan, proses pembangunan PLTP Ijen berjalan sesuai rencana.

Bahkan dari 8 tempat PLTP di Jawa Timur, PLTP Ijen yang digarap oleh PT Medco Cahaya Geothermal paling baik secara proses maupun progres dan paling siap dioperasikan. Sementara yang lain masih terganjal sejumlah masalah termasuk pembebasan lahan.

"Sampai saat ini pembangunan proyek PLTP Ijen berjalan sesuai dengan rencana, termasuk pembangunan transmisi 150 KV yang terbentang dari pembangkit menuju gardu induk PLN di Banyuwangi," terang Ibnu Nurzaman Senin (12/8/2024).

Untuk tahapan pembangunan tapak tower dan kompensasi atas ruang bebas di bawah jaringan transmisi yang melintasi lahan masyarakat sudah hampir rampung seluruhnya. Hal tersebut dapat terwujud berkat dukungan dari masyarakat dan para pimpinan daerah setempat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kebanggaan Bangsa Indonesia, Kebanggaan Jatim

 

"Untuk tahap satu, PLTP Ijen akan mengalirkan daya listrik sebesar 34 MW dan akan meningkatkan keandalan pasokan listrik di wilayah Jawa dan Bali," tutur Ibnu Nurzaman.

PLTP Ijen akan menjadi proyek PLTP pertama di Jawa Timur yang kawasan perkantoran dan area pembangkitnya berada di Belawan, Kabupaten Bondowoso.

Namun tower penyalur kabel bertegangan tinggi dari PLTP Ijen menuju Gardu Induk PLN Banyuwangi melintasi 4 desa di 2 kecamatan.

"PLTP Ijen menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia khususnya masyarakat Jawa Timur," tambah Ibnu Nurzaman ketika mengajak sejumlah wartawan mengunjungi lokasi proyek PLTP Ijen.

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya