Daerah Blankspot Jadi Tantangan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Serang

Daerah blankspot jadi tantangan tersendiri dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Serang.

oleh Yandhi Deslatama diperbarui 29 Agu 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 20:00 WIB
Kapolres Serang dan Dandim 0602/Serang di Apel Operasi Mantap Praja. (Selasa, 27/08/2024). (Dokumentasi : Polres Serang).
Kapolres Serang dan Dandim 0602/Serang di Apel Operasi Mantap Praja. (Selasa, 27/08/2024). (Dokumentasi : Polres Serang).

Liputan6.com, Serang - Daerah blankspot jadi tantangan tersendiri dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Serang. Selain itu, kondisi geografis juga menjadi permasalahan lainnya dalam distribusi logistik pemilu hingga sistem pengamanan gabungan oleh TNI-Polri. Kondisi geografis pengiriman logistik pemilu yang menjadi tantangan berupa menyebrangi sungai hingga ke pulau terluar, seperti ke Pulau Tunda.

"Paling rawan di Tirtayasa, utamanya Pulau Tunda, selain jarak juga kondisi geografis. Blank spot di daerah Tirtayasa, Kopo dan Pontang, koordinasi dengan Diskominfo kabupaten Serang," ujar AKBP Condro Sasongko, Kapolres Serang, Selasa, (27/08/2024).

Kepolisian juga mengantisipasi TPS rawan banjir, kertas suara tertukar dan hilang, gesekan antar pendukung hingga sara pendistribusian logistik pemilu. Operasi mantap praja yang digelar Polres Serang berlangsung selama 117 hari. Pengamanan digelar bersama TNI, Satpol PP hingga kejaksaan. Guna penanganan hukum pelanggaran pemilukada, kepolisian bernaung dibawah Penegakkan Hukum Terpadu (Gakumdu) yang berisikan Bawaslu dan Kejaksaan.

"Dalam menangani pelanggaran pilkada ini, polri akan bekerja sama dengan kejaksaan dan Bawaslu guna menyelesaikan perkara dengan tuntas," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Selesaikan Masalah Secara Musyawarah

Simulasi Kerusuhan Pilkada Serentak 2024 oleh Polda Banten. (Selasa, 06/08/2024). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).
Simulasi Kerusuhan Pilkada Serentak 2024 oleh Polda Banten. (Selasa, 06/08/2024). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).

AKBP Condro Sasongko meminta personel gabungan yang bertugas di Pilkada Serentak 2024 menjaga kesehatan fisik dan mentalnya. Kemudian tetap netral, profesional, serta mengutamakan nama baik institusi dalam bekerja. Jika terjadi persoalan di TPS atau lokasi tempat mereka bertugas, diharapkan bisa diselesaikan secara baik-baik agar tidak semakin meluas.

"Memetakan kerawanan tahapan pilkada, menjaga komitmen dan netralitas, meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman terorisme. Kedepankan komunikasi publik dan upaya cooling sistem serta pengawasan dan pengendalian secara melekat," jelasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya