Nikmatnya Sajian Soto Podjok, Kuliner Legendaris di Kediri

Soto Podjok merupakan kuliner legendaris yang wajib untuk dicoba ketika berkunjung ke Kediri. Tempat makan ini menyajikan menu soto dengan bumbu yang khas.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 01 Sep 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 15:00 WIB
resep soto daging
ilustrasi soto daging/Ika Rahma H/Shutterstock

Liputan6.com, Bandung - Soto merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang mempunyai penggemar cukup besar di antara masyarakat. Makanan ini identik dengan sajian berkuah dengan rasa dan bumbu yang khas.

Di Indonesia makanan ini sering kali jadi hidangan comfort food bagi sebagian orang. Kemudian setiap daerah di Indonesia mempunyai sajian soto khas dengan variasi atau hidangan yang berbeda-beda.

Misalnya saja di Jakarta terdapat hidangan khas soto yang dikenal dengan nama soto Betawi. Makanan ini dihidangkan dengan kuah santan yang kental dan isian daging khas seperti jeroan yang nikmat.

Sementara itu soto di Bandung mempunyai sajian kuah yang ringan dengan isian daging sapi, irisan lobak, hingga taburan kacang. Kemudian di Jawa soto biasanya dihidangkan dengan kaldu kuning yang gurih dengan isian ayam suwir atau bihun.

Perbedaan-perbedaan tersebut menandakan bahwa hidangan soto di setiap daerah sangat bervariasi tergantung dari ciri khasnya masing-masing. Namun ada satu hal yang selalu sama dari makanan tersebut yaitu identik dengan kuah yang nikmat.

Kemudian dalam artikel ini akan membahas salah satu sajian kuliner soto yang legendaris dan populer yaitu Soto Podjok. Kuliner tersebut terletak di kota Kediri dan mempunyai penggemar yang cukup besar di antara masyarakat lokal.

Soto Podjok juga sering jadi pilihan kuliner atau destinasi kuliner bagi wisatawan yang mengunjungi kotanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Soto Podjok Kediri

Ilustrasi Soto Mie Bogor
Ilustrasi Soto Mie Bogor. Photo Copyright by Freepik

Soto Podjok merupakan kuliner legendaris yang ada di kota Kediri karena telah berdiri sejak tahun 1926. Tempat makan ini sudah dikenal luas oleh masyarakat lokal dan telah dikelola oleh generasi ke generasi.

Diketahui nama “Soto Podjok” sendiri mempunyai latar belakang yang unik karena posisi tempat makannya yang berada di pojok ujung jalan Dhoho kota Kediri. Selain itu bangunannya juga termasuk bangunan cagar budaya.

Tempat makan ini terkenal dengan sajian soto khasnya karena menggunakan resep bumbu yang khas secara turun-temurun. Melansir dari media sosial Instagramnya tempat makan ini tidak hanya terkenal di antara warga lokal tetapi juga mancanegara.

Soto Podjok juga kerap didatangi oleh sejumlah artis hingga publik figur ternama Indonesia seperti mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga artis Indonesia lainnya.


Daya Tarik Soto Podjok Kediri

Soto
Ilustrasi soto. (Instagram.com/@365harinyoto)

Soto Podjok Kediri mempunyai daya tarik utama ada pada sajian sotonya yang nikmat. Pasalnya makanan ini terkenal dengan kualitas rasa nikmat dengan bumbu rempah-rempah yang khas dan gurih.

Kemudian ayam yang digunakan pada soto ini juga berupa ayam kampung asli dengan lauk pendamping yang nikmat. Keunikan dari sajian soto ini juga ada pada sajian kuahnya yang menggunakan alat tradisional.

Diketahui jika basanya kuah soto dimasak atau ditempatkan dalam panci yang modern. Tempat makan ini justru menyimpan sajian kuahnya menggunakan kuali tradisional yang menjadikan rasanya lebih berbeda.

Bumbu yang digunakan di tempat makan ini juga masih mempertahankan resep keluarga yang digunakan turun-temurun. Selain itu satu porsi sotonya nikmat disantap bersama nasi hangat sebagai hidangan makan siang.


Lokasi dan Rute ke Soto Podjok Kediri

Soto
Ilustrasi sajian soto. (Pexels.com/Laudia Tysara)

Soto Podjok Kediri berlokasi di Jl. Dhoho No.146, Setono Gedong, Kec. Kota Kediri, Jawa Timur. Tempat makan ini memiliki jam buka setiap hari pada pukul 07.00 WIB hingga 20.30 WIB.

Lokasinya bisa dengan mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan dan khas berdiri di pojok jalan. Meskipun sederhana tempat makan ini masih mempertahakan suasana bagunan yang jadul sehingga menawarkan kuliner yang lebih menarik.

Kemudian Soto Podjok juga berada di kawasan yang sangat strategis karena dekat dengan Alun-Alun Kota Kediri. Diketahui pengunjung yang datang dari alun-alun hanya tinggal menempuh jarak 2,2 km atau 7 menit perjalanan.

Soto Podjok juga tidak jauh dari kawasan Stasiun Kota Kediri karena berjarak 400 meter atau 3 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan. Wisatawan juga bisa berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 5 menit saja.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya