Gajah Sumatra Ditemukan Mati di Taman Nasional Way Kambas

Seekor gajah Sumatra (Elephas maximus sumatrensis) ditemukan mati oleh petugas TNWK, pada Minggu (6/10/2024).

oleh Ardi Munthe diperbarui 08 Okt 2024, 05:50 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2024, 05:50 WIB
Seekor gajah ditemukan mati di Tama Nasional Way Kambas, Lampung Timur, Minggu 6 Oktober 2024. Foto : (Istimewa).
Seekor gajah ditemukan mati di Tama Nasional Way Kambas, Lampung Timur, Minggu 6 Oktober 2024. Foto : (Istimewa).

Liputan6.com, Lampung - Kabar duka kembali datang dari Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Kabupaten Lampung Timur, Lampung. Seekor gajah Sumatra (Elephas maximus sumatrensis) ditemukan mati oleh petugas TNWK, pada Minggu (6/10/2024) kemarin. 

Setelah ditemukannya jasad gajah tersebut, petugas TNWK langsung menghubungi tim dokter untuk mengecek kondisi tubuh mamalia raksasa itu.

Penemuan bangkai gajah ini menambah daftar kematian gajah di Taman Nasional Way Kambas. Pada 24 Desember 2023, gajah jantan bernama Dugul ditemukan tewas di sebuah rawa dekat pusat latihan gajah (PLG) Way Kambas.

Selanjutnya, pada 29 Agustus 2024, seekor gajah betina bernama Bunga juga ditemukan mati di area hutan yang sama.

Kepada wartawan, Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astutik mengonfirmasi adanya penemuan seekor gajah mati di TNWK.

Dia menerangkan, tim dokter saat ini sedang melakukan pemeriksaan terhadap tubuh gajah untuk mengetahui penyebab kematiannya.

"Iya benar. Di Taman Nasional Way Kambas ditemukan seekor gajah Sumatera dalam keadaan mati, pada Minggu sore (6/10/2024) kemarin," kata Kombes Pol Umi, Senin (7/10/2024).

"Tim TNWK masih melakukan pemeriksaan pada tubuh bangkai untuk mengetahui apa penyebab kematian gajah tersebut," jelas Umi menambahkan.

 

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya