Kinerja Memuaskan, Saham Facebook Melonjak 16%

Lonjakan saham Facebook itu didorong dari hasil pendapatan kuartal IV 2015 yang menggembirakan.

oleh Agustina Melani diperbarui 29 Jan 2016, 12:30 WIB
Diterbitkan 29 Jan 2016, 12:30 WIB
20 Orang Ini Pertama Kali Punya Facebook
Facebook (ilustrasi)

Liputan6.com, San Francisco - Saham Facebook melonjak 16 persen pada perdagangan saham Kamis waktu setempat. Dengan kenaikan harga saham tersebut mendorong kapitalisasi pasar saham menjadi US$ 300 milliar.

Lonjakan saham Facebook tersebut didorong dari hasil kuartal IV 2015 yang menggembirakan. Perseroan mencatatkan kenaikan pendapatan sekitar US$ 5 miliar untuk pertama kali. Pendapatan perseroan naik 52 persen dari periode tahun lalu.

Hasil kinerja kuartal IV Facebook itu menunjukkan semakin kuatnya bisnis iklan digital Facebook dan aplikasi Instagram yang mulai menghasilkan uang.

Saham Facebook menguat tersebut juga mendorong sektor saham teknologi melonjak pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Sektor saham teknologi S&P 500 naik 1,48 persen. Penguatan ini juga mendorong Wall Street menguat. Indeks saham Dow Jones naik 0,79 persen ke level 16.069, indeks saham S&P 500 menguat 0,55 persen menjadi 1.893,36. Indeks saham Nasdaq mendaki 0,86 persen ke level 4.506.

Dengan melihat kondisi kinerja Facebook tersebut, sejumlah broker menaikkan target harga saham Facebook. Analis Macquarie Securities Ben Schachter menaikkan target harga saham menjadi US$ 150 dari US$ 120. "Percepatan pendapatan yang berulang menjadi sebuah kejutan yang lengkap. Yang penting manajemen juga optimistis terhadap pendapatan dan biaya operasional pada 2016," tulis Schachter dalam laporannya seperti dikutip dari laman USA Today, Jumat (29/1/2016).

Sementara itu, Analis Morgan Stanley Brian Nowak menaikkan target harga saham menjadi US$ 135 dari US$ 130. Nowak menilai, pendapatan iklan dari aplikasi Instagram sudah memberikan kontriburi. Nowak mengharapkan Instagram dapat memberikan kontribusi sebanyak US$ 2,1 miliar kepada pendapatan Facebook pada 2016.

Sedangkan Analis UBS Eric Sheridan menilai, kinerja laba Facebook menunjukkan kekuatan platform yang telah dibangun untuk mempromosikan konektivitas global dan inovasi iklan dan investasi yang mendukung pertumbuhan investasi untuk masa depan.

Dengan kenaikan harga saham Facebook juga mendorong kekayaan pendirinya Mark Zuckerberg melonjak. Kekayaan Zuckerberg naik US$ 6 miliar pada perdagangan saham Kamis pekan ini.

Hal itu membuat total kekayaan pendiri Facebook itu menjadi US$ 47,5 miliar. Angka kekayaan Zuckerberg melewati miliarder lainnya Charles and David. Hal itu berdasarkan indeks Bloomberg Billlionaires.

Selain itu, berdasarkan indeks Bloomberg, Zuckerberg menjadi salah satu dari tujuh miliarder yang kekayaannya meningkat pada tahun ini di antara 100 orang terkaya di dunia. (Ahm/Igw)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya