Bank Aladin Siapkan Layanan Perbankan Syariah di Alfamart

Direktur Marketing PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Ryan Alfons Kaloh mengatakan, saat ini Perseroan tengah mematangkan skema implementasi atas kerja sama tersebut.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 07 Jul 2021, 14:11 WIB
Diterbitkan 07 Jul 2021, 14:11 WIB
Ilustrasi seremoni kerja sama Bank Aladin, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) dan Halodoc (Dok: Liputan6.com/ Pipit Ika Ramadhani)
Ilustrasi seremoni kerja sama Bank Aladin, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) dan Halodoc (Dok: Liputan6.com/ Pipit Ika Ramadhani)

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK) resmi mengumumkan kerja sama dengan  PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) atau Alfamart.

Direktur Marketing PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Ryan Alfons Kaloh mengatakan, saat ini Perseroan tengah mematangkan skema implementasi atas kerja sama tersebut.

"Bentuk layanan sedang kami persiapkan oleh Bank Aladin dengan tetap berpegang teguh pada prinsip kepatuhan pada aturan yang berlaku. Tapi kami yakin sepenuhnya ini akan menjadi layanan perbankan syariah inovatif yang dinantikan konsumen saat ini,” kata dia dalam Seremoni Kerjasama Bank Aladin, Alfamart, dan Halodoc, Rabu (7/7/2021).

Kerja sama tersebut resmi diumumkan pada Rabu, 7 Juli 2021. Pada saat bersamaan, Bank Aladin juga menggandeng mitra lainnya yakni PT Media Dokter Investama yang memiliki platform teknologi kesehatan Halodoc.

Sebelumnya, pihak Alfamart juga telah menyampaikan rencana kerja sama dengan Bank Aladin kepada Bursa efek Indonesia (BEI). Namun, pihak manajemen menegaskan kerja sama tersebut merupakan kerjasama bisnis umum. Salah satu yang ditekankan dalam kerjasama ini yaitu untuk meningkatkan literasi keuangan syariah.

Saat ini, Alfamart mengoperasikan lebih dari 15 ribu gerai yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dan melayani lebih dari 4 juta pelanggan setiap harinya.

Basis pelanggan itulah yang berpotensi untuk dapat dilayani oleh produk layanan perbankan syariah. Sekaligus memajukan literasi perbankan masyarakat melalui gerai yang mudah dijangkau.

"Untuk itu Alfamart dan Bank Aladin sedang mempersiapkan segala sesuatunya termasuk kesiapan dari procedural compliance, teknologi maupun infrastruktur agar semuanya berjalan lancar. Tunggu saja tanggal mainnya," pungkas Ryan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini


Bank Aladin Ramaikan Perbankan Syariah

Ilustrasi seremoni kerja sama Bank Aladin, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) dan Halodoc (Dok: Liputan6.com/ Pipit Ika Ramadhani)
Ilustrasi seremoni kerja sama Bank Aladin, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) dan Halodoc (Dok: Liputan6.com/ Pipit Ika Ramadhani)

Dalam rangka meningkatkan inklusi keuangan khususnya melalui perbankan Syariah di Indonesia, PT Bank Aladin Syariah Tbk. (BANK) mengadakan acara dengan tema "The Future of Banking: Achieving Financial Inclusion in Indonesia” untuk memaparkan tantangan yang dihadapi oleh industri keuangan syariah maupun inklusi keuangan.

Bank Aladin menyebut, tantangan tersebut dapat diselesaikan melalui kolaborasi kerja sama industri keuangan syariah yang mengedepankan layanan digital dengan industri yang memiliki ekosistem offline dan tersebar di seluruh Indonesia.

Acara ini dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin sebagai keynote speaker yang mengangkat tema Peran Bank Syariah di industri Perbankan Indonesia, dilanjutkan dengan speech dari Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo yang membahas Digitalisasi Transformasi di bidang keuangan.

"Saya sampaikan apresiasi kepada Bank Aladin yang telah berinisiatif dan bertindak cepat untuk mengembangkan perbankan syariah di Indonesia melalui sistem digital," ujar Ma’ruf Amin dalam sambutannya, Rabu (7/7/2021).

Wapres Ma’ruf mengharapkan, hadirnya Bank Aladin yang berkolaborasi dengan Alfamart dan Halodoc, dapat menjadi katalis positif bagi perkembangan perbankan syariah, sekaligus meningkatkan inklusi keuangan syariah di Indonesia.

"Melalui layanan digital yang terintegrasi dengan industri yang memiliki ekosistem offline di seluruh Indonesia," imbuhnya.

Ma’ruf mengatakan, Bank Aladin yang terbilang bank masih baru dalam transformasi perbankan menuju perbankan digital, telah menjadi harapan bagi inovasi layanan dan produk perbankan digital di Indonesia.

"Saya harapkan dapat menjadi yang terdepan dalam inovasi layanan dan produk perbankan digitalnya serta dapat berkolaborasi pula dengan UMK, bank dan lembaga keuangan mikro syariah lainnya yang belum terdigitalisasi,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, menyambut positif kolaborasi Bank Aladin dengan Alfamart dan Halodoc dalam rangka mendukung inklusi keuangan di Indonesia.

Perry juga mengatakan, pihaknya senantiasa mendukung perusahaan perbankan digital, perusahaan financial technology (fintech), dan e-commerce dalam rangka mewujudkan ekonomi keuangan yang inklusif.

"Marilah kita berjamaah, bersinergi, bersama-sama membangun ekonomi keuangan syariah menjadi salah satu pilar pertumbuhan ekonomi,” ucapnya.

Acara dilanjutkan dengan Joint Press Conference antara Bank Aladin bersama dengan mitra bisnis anyar yakni Alfamart dan Halodoc. Bank Aladin menggandeng Alfamart dan Halodoc untuk bersama-sama melebarkan inklusi keuangan di Indonesia dengan strategi omnichannel dalam rangka mencapai potensi digitalisasi perbankan.

"Dengan melihat peluang pasar syariah di Indonesia yang sangat besar namun masih underpenetrated dalam layanan keuangan, Bank Aladin hadir bersama Alfamart dan Halodoc untuk tumbuh dan merangkul potensi pasar melalui kerjasama yang inovatif dari masing-masing perusahaan,” ujar Direktur Operasional Bank Aladin, Basuki Hidayat, dalam keterangan tertulis, Rabu, 7 Juli 2021.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya