BNI Securities Pte Ltd Resmi Beroperasi di Singapura

BNI Securities Pte Ltd atau BSPL akan sebagai pusat kegiatan pasar modal internasional grup BNI, termasuk menyediakan akses bagi nasabah dan emiten ke investor global.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 15 Sep 2021, 09:18 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2021, 09:15 WIB
Gedung BNI (Dok: BNI)
Gedung BNI (Dok: BNI)

Liputan6.com, Jakarta - BNI Securities Pte Ltd atau BSPL resmi beroperasi di Singapura setelah mendapatkan persetujuan dari Monetary Authority of Singapore (MAS).

Dengan demikian, hal itu menjadi jembatan bagi pelaku usaha di dalam negeri dan nasabah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dengan investor global.

Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar menuturkan, anak usaha dari PT BNI Sekuritas tersebut menjalankan bisnis layanan pasar modal di Singapura sejak 8 September 2021. Hal ini setelah mendapatkan persetujuan dari MAS.

Dengan izin tersebut, BNI Sekuritas dapat menjalankan kegiatan layanan pasar modal baik pada bisnis fixed income brokerage, equity brokerage, dan underwriting melalui BSPL.

BSPL akan fokus untuk membantu grup BNI dan nasabah BNI untuk mendapatkan akses ke sumber investasi dunia. Dengan beroperasinya BSPL di Singapura akan memperkokoh posisi BNI sebagai bank berskala global yang dapat memberikan layanan perbankan dan pasar modal.

BSPL berada di Gedung yang sama dengan BNI Kantor Cabang Singapura yang berlokasi di 30 Cecil Street #17-08 Prudential Tower Singapore (049712). 

BSPL akan dijadikan sebagai pusat kegiatan pasar modal internasional grup BNI, termasuk menyediakan akses bagi nasabah dan emiten ke investor global dengan fokus awal pada fixed Income brokerage atau perdagangan surat utang.

BNI Sekuritas telah menunjuk Leonard Ng sebagai CEO BSPL,merupakan bankers yang berpengalaman pada industri pasar modal internasional selama lebih dari 15 tahun. Leonard Ng pernah bekerja di beberapa perusahaan keuangan global. 

"Jumlah emiten yang besar dan beragam di Indonesia merupakan target pasar BSPL untuk dapat menerbitkan obligasi global,” ujar Royke dikutip dari keterangan tertulis, Senin (15/9/2021). 

Ia menambahkan, obligasi global dari Perusahaan di Indonesia selalu menarik investor karena saat ini supply obligasi global dengan denominasi non rupiah dari Perusahaan di Indonesia di pasar keuangan global masih relatif kecil.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Strategi BNI Sekuritas

Memasuki Usia Berlian, BNI Menuju Bank Internasionalnya Indonesia
(Foto:@BNI)

Pembukaan BNI Securities Pte. Ltd. (Singapore) merupakan salah satu strategi BNI Sekuritas dan BNI Group untuk memperkuat posisi sebagai regional player yang dapat memberikan layanan perbankan dan pasar modal di pasar keuangan global.

PT BNI Sekuritas didirikan sejak 1995. Saat ini BNI memiliki 75 persen kepemilikan saham pada PT BNI Sekuritas dan 25 persen saham nya juga dimiliki oleh SBI Financial Services Ltd.

PT BNI Sekuritas telah mempunyai izin sebagai Perantara Pedagang Efek, Penjamin Emisi Efek, dan Agen Penjual Reksadana. Sedangkan aktivitas manajer Investasi dilakukan melalui anak Perusahaan PT BNI Asset Management.

Bisnis Perantara Pedagang Efek melayani transaksi untuk saham, obligasi Negara maupun Obligasi Korporasi. Dengan lebih dari 175 ribu account, saat ini Bisnis Perantara Pedagang Efek BNI Sekuritas pada akhir tahun 2021 menduduki peringkat ke-6 dari Frekwensi Transaksi dan Peringkat ke-15 untuk value transaksi Equity.

BNI Sekuritas memiliki online trading platfom yaitu BIONS, yang semakin dikenal oleh investor. Melalui BIONS, nasabah dapat melakukan transaksi saham, obligasi, reksa dana dan juga EBA Ritel, yang saat ini eksklusif diperdagangkan melalui BIONS.

Selain itu BIONS juga dirancang dengan antarmuka yang user friendly dan sudah dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan seperti automatic order, login melalui sidik jari serta auto logout PIN saat idle, charting tools yang komprehensif dan news dan research yang up to date.

Melalui BIONS ini BNI Sekuritas akan fokus mengembangkan bisnis brokeragenya selain memperkuat posisi pada jaringan distribusinya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya