PTPP Kantongi Kontrak Terbesar di IKN hingga Rp 2,9 Triliun

Perolehan kontrak baru PT PP Tbk hingga saat ini tercatat Rp 19,3 triliun hingga Oktober 2022.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 01 Nov 2022, 14:34 WIB
Diterbitkan 01 Nov 2022, 14:34 WIB
Titik 0 IKN
Titik Nol IKN Nusantara yang kini disulap menjadi lebih cantik. (foto: Abdul Jalil)

Liputan6.com, Jakarta - PT PP (Persero) Tbk (PTPP) kembali menambahkan dua kontrak baru di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Dua proyek tersebut adalah Pembangunan Bangunan Gedung Kantor Presiden Kawasan Istana Kepresidenan senilai Rp 1,56 triliun serta Pembangunan Bangunan Gedung Istana Negara dan Lapangan Upacara pada Kawasan Istana Kepresidenan senilai Rp 1,34 triliun.

Sekretaris Perusahaan PT PP Tbk, Bakhtiyar Efendi mengatakan, perseroan menjadi leader konsorsium dalam pekerjaan dua proyek tersebut dengan masing- masing porsi sebesar 55 persen.

"Dengan bertambahnya dua proyek ini, PTPP telah mendapatkan total enam proyek senilai Rp 2,9 triliun dan menjadi kontraktor dengan perolehan nilai kontrak terbanyak di IKN saat ini,” ucap Bakhtiyar Efendi dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (1/11/2022).

Sebelumnya, PT PP Tbk telah mendapatkan empat proyek pembangunan di IKN dengan total nilai Rp 1,47 triliun. Keempat proyek tersebut adalah Jalan Tol IKN Segmen KKT Kariangau – SP Tempadung senilai Rp 687,7 miliar, Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat senilai Rp 423,8 miliar, Penyiapan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (IKN) Tahap 1 senilai Rp 83,2 miliar dan Penyiapan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (IKN) Tahap 2 senilai Rp 280,2 miliar.

Secara akumulatif, perolehan kontrak baru PTPP hingga saat ini tercatat Rp 19,3 triliun. Angka itu naik sebesar 33,5 persen dibandingkan dengan perolehan kontrak baru pada Oktober 2021.

"Saat ini perseroan masih berpartisipasi dalam beberapa lelang proyek di IKN. Kami optimis dapat meraih proyek lainnya sesuai dengan target perseroan,” ujar Bakhtiyar.

 


PTPP Optimistis Kantongi Kontrak Baru dari Proyek IKN

Kementerian PUPR telah memulai pembangunan infrastruktur dasar mendukung Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, di Kalimantan Timur. (Dok Kementerian PUPR)
Kementerian PUPR telah memulai pembangunan infrastruktur dasar mendukung Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, di Kalimantan Timur. (Dok Kementerian PUPR)

Sebelumnya, PT PP Tbk (Persero) telah memenangkan sejumlah kontrak untuk ibu kota negara (IKN) Nusantara yang terdiri dari empat proyek dengan total nilai kontrak Rp 1,4 triliun.

Menanggapi hal ini, Direktur Utama PT PP Tbk, Novel Arsyad mengatakan perseroan optimistis untuk mendapatkan proyek tambahan dari IKN. 

“Kami juga masih mengikuti tender-tender lain di IKN, seperti istana, kantor presiden, dan yang lain. Cukup banyak tender yang kami ikut, diharapkan bisa dapat proyek baru dari IKN di 2022 ini. Kita optimis, peluangnya masih besar,” ujar Novel.

Novel mengatakan, proyek di IKN tak sepenuhnya berdasarkan dari APBN, tetapi banyak proyek lain milik investor. 

“Maka dari itu, kami harus meningkatkan daya saing, bukan dari segi harus banting harga, melainkan memberikan produk-produk terbaik,” kata Novel. 

Novel merinci, kontak pertama PT PP Persero di IKN adalah pembangunan jalan tol segmen SP. Tempadung - Jembatan Pulau Balang senilai senilai Rp 687,7 miliar. Dalam bahan paparannya, durasi pengerjaan kontrak jalan tol tersebut sebanyak 630 hari.

Kedua, pembangunan jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat senilai Rp 424 miliar. Adapun, waktu pengerjaan proyek pembangunan jalan di Penajam, Kalimantan Timur ini berlangsung selama 574 hari.

Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) tahap I di Penajam, Kalimantan Timur senilai Rp 280 miliar. Durasi pengerjaan proyek sendiri berlangsung selama 360 hari.

Terakhir, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) tahap I di Penajam, Kalimantan Timur. Proyek ini diperkirakan menelan biaya Rp 83,2 miliar.


PTPP Gandeng LG Kembangkan Smart City di IKN

Acara penandatangan nota kesepahaman pengembangan Smart City dilaksanakan pada Jumat, 7 Oktober 2022 bertempat di Kantor Pusat PTPP Jakarta.  (Foto: PT PP Tbk)
Acara penandatangan nota kesepahaman pengembangan Smart City dilaksanakan pada Jumat, 7 Oktober 2022 bertempat di Kantor Pusat PTPP Jakarta.  (Foto: PT PP Tbk)

Sebelumnya, PT PP (Persero) Tbk (PTPP) menggandeng LG CNS Company Limited (LG CNS) kembangkan proyek Smart City di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Kerja sama keduanya ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pengembangan Smart City oleh SVP Operasi Gedung PTPP Andek Prabowo dan VP LG CNS Smart City & Mobility Business Unit Benjamin Yoo pada Jumat 7 Oktober 2022 di Kantor Pusat PT PP, Jakarta.

Berbekal pengalaman dan keahlian yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan, PTPP bersama LG CNS yakin kolaborasi ini dapat memberikan implementasi terbaik dalam penerapan Smart City di IKN. PT PP sendiri bergerak di bidang jasa konstruksi dan investasi yang terintegrasi dengan industri pendukung, serta memiliki keahlian dan pengalaman dalam bidang Konstruksi, Properti, EPC, Infrastruktur, dan Energi baik di dalam maupun di luar negeri.

"Kami berharap dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman ini merupakan langkah yang baik agar kolaborasi kerjasama ini kedepannya dapat diimplementasikan lebih matang lagi dan dapat dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS),” ujar Direktur Operasi Bidang Gedung PT PP, Anton Satyo Hendriatmo dalam keterangan resmi, Jumat, 7 Oktober 2022, ditulis Minggu (9/10/2022).

Pada kesempatan yang sama, Benyamin Yoo mengatakan, dengan pengalaman yang dimiliki oleh LG CNS Smart City di Korea Selatan, perusahaan yakin dapat menjadi tolak ukur yang sangat baik dalam memberikan kontribusi implementasi pengembangan Smart City di Indonesia.


Sinergi

BUMN PP Raih Kontrak Baru Rp 10,9 Triliun Hingga Agustus
Manajemen PTPP Tbk optimistis kontrak baru Rp 24 triliun dapat tercapai pada akhir 2014.

"Dengan berkolaborasi bersama PTPP tentunya dapat memberikan sinergi terbaik di antara bidang konstruksi dan teknologi informasi untuk memberikan solusi kota pintar di Nusantara IKN,” kata Benyamin Yoo.

Acara penandatanganan MoU dihadiri langsung oleh VP LG CNS Smart City & Mobility Business Unit Benjamin Yoo, Smart City Strategic Team LG CNS Kim Seo, President Director LG CNS Indonesia Cho Sung Mook, daan Senior Manager Business Development Team LG CNS Indrajaya Pitra Perdana.

Kemudian dari pihak PTPP ada Direktur Operasi Bidang Gedung PTPP Anton Satyo Hendriatmo, SVP Operasi Gedung PTPP Andek Prabowo, GM Operasi PTPP Joko Raharjo, dan manajemen lainnya.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya