Ki Kusumo Keluhkan Sosialisasi e-Tol yang Sangat Minim

Ki Kusumo mengaku sosialisasi yang dibuat pemerintah belum banyak menginformasikan.

oleh Rizky Aditya Saputra diperbarui 24 Sep 2017, 23:00 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2017, 23:00 WIB
Ki Kusumo
Ki Kusumo bersama anggota Komando Pejuang Merah Putih (KPMP) melaporkan Zaskia Gotik ke Polda Metro Jaya. [Foto: Fachrur Rozie/Liputan6.com]

Liputan6.com, Jakarta Penerapan wajib sistem e-Tol di seluruh jalan Tol dianggap terburu-buru dan sangat minim sosialisasi, sehingga membuat masyarakat kebingungan. Seperti yang dialami Ki Kusumo.

Anggota PARFI Ziarah ke Makam H. Usmar Ismail (Deki Prayoga/bintang.com)

Aktor yang juga paranormal ini menceritakan, Jumat (22/9/2017), dia melintas di jalan tol Cikampek hendak menuju Jakarta. Begitu masuk pintu tol dalam kota, terjadi antrian cukup panjang.

"Awalnya saya mengira antrian karena banyak mobil yang melintas sehingga menyebabkan kemacetan di pintul tol," kata Ki Kusumo.

Ternyata, antrian itu terjadi karena banyaknya pengendara mobil yang belum menggunakan atau memiliki e-Tol. Petugas tol memaksa para pengendara mobil membelinya saat itu juga. "Bagaimana kalau pengendara itu tidak bawa duit cash, ini kan jadi kendala," tukasnya.

Ia berpendapat, masih banyaknya pengguna jalan tol tidak memiliki kartu e-Tol karena minimnya sosialisasi yang dilakukan pengelola jalan tol, dalam hal ini PT Jasa Marga.

"Saya tanya petugas tol, katanya sosialisasinya sudah memasang spanduk di pintu tol. Kalau hanya ini yang dilakukan, wajar saja banyak masyarakat yang tidak tahu soal kewajiban memiliki e-Tol," tuturnya.

Seharusnya, lanjut Ki Kusumo, sosialisasi kartu e-Tol dilakukan juga di media massa, seperti internet, koran, dan televisi.

Ki Kusumo [Foto: Ferry Noviandi/Liputan6.com]

Ki Kusumo juga mengkritisi pembuatan kartu e-Tol. Diungkapkannya, jika membeli paket yang Rp 50 ribu, isi kuotanya dikurangi jadi hanya Rp 40 ribu. "Kok isinya tidak RP 50 ribu juga ya," tanya Ki Kusumo.

 

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya