Tuduhan Ardhito Pramono soal 3 Meals A Day Pakai Lagunya Tanpa Izin Ditangkis, Royalti Sudah Dibayar di Korea

Ardhito Pramono sendiri akhirnya mengakui bahwa izin untuk penggunaan lagu-lagunya telah diurus oleh pihak acara TV Korea.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 11 Apr 2021, 15:30 WIB
Diterbitkan 11 Apr 2021, 15:30 WIB
[Fimela] Ardhito Pramono Part3
Ardhito Pramono sendiri akhirnya mengakui bahwa izin untuk penggunaan lagu-lagunya telah diurus oleh pihak acara TV Korea. (Adrian Putra/Fimela.com)

Liputan6.com, Seoul - Beberapa waktu lalu, Ardhito Pramono sempat mengungkap unek-unek bahwa sejumlah acara TV di Korea Selatan sering menggunakan lagu-lagunya tanpa permisi. Tudingan ini ternyata sampai ke telinga tim salah satu acara TV yang kena tuduh, 3 Meals A Day.

Dalam sebuah unggahan terbaru di akun Instagram resmi acara ini, @tvn3meals, tuduhan pelantun "Fine Today" ini ditangkis.

"Lagu 'Bitter Love' yang dalam beberapa laporan diklaim telah digunakan tanpa izin, adalah sebuah lagu yang dipercayakan kepada Asosiasi Hak Cipta Musik Korea dan kami telah membayar uang penggunaannya dengan izin dari Asosiasi Hak Cipta Musik Korea," begitu pernyataan dari acara TV yang ditayangkan tvN ini, dalam unggahan bertanggal Jumat (3/4/2021) lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kesalahpahaman

3 Meals A Day. (Instagram/ tvn3meals)
3 Meals A Day. (Instagram/ tvn3meals)

Uang royalti ini, kata jubir 3 Meals A Day, nantinya akan dibayarkan kepada sang artis lewat Asosiasi Hak Cipta Musik Korea.

"Sang artis menanyakan tentang penggunaan hak ciptanya melalui Instagram Story pada (4/8) kemarin, dan ada kesalahpahaman dari pihak artis," tutur sang jubir.


Hak Cipta Dipenuhi

3 Meals A Day. (Instagram/ tvn3meals)
3 Meals A Day. (Instagram/ tvn3meals)

Terakhir, perwakilan 3 Meals A Day menegaskan bahwa lagu-lagu yang digunakan dalam tayangan acaranya telah melalui prosedur yang sesuai, termasuk membayar royalti.

Untuk itu, mereka tak hanya bekerja sama dengan Asosiasi Hak Cipta Musik Korea, tapi juga asosiasi lain yang terkait di Negeri Ginseng.


Akhirnya Mengakui Sudah Diurus

[Fimela] Ardhito Pramono Part2
Ardhito Pramono di Java Jazz - Jiexpo Kemayoran, (1/3/2020) (Adrian Putra/Fimela.com)

Ardhito Pramono sendiri akhirnya sudah mengakui bahwa izin untuk penggunaan lagu-lagunya telah diurus oleh pihak acara TV Korea, termasuk soal pembayarannya.

"Perselisihan paham dengan teman-teman dari 'Three Meals a Day" sudah selesai, terima kasih sudah diputar lagu kami berkali-kali," tulisnya dalam unggahan Instagram Story, Sabtu (10/4/2021).


Terlanjur Menuduh

Seperti diketahui, Ardhito Pramono mengeluh di Instagram Story pada Rabu (7/4/2021) lalu, menuduh bahwa lagu-lagunya sering digunakan tanpa izin di acara TV Korea Selatan.

"Sering banget dapet info kalo lagu gue dipake sama banyak Korean variety show. Gak ngerti. Izin enggak, ada omongan aja enggak," tulis Ardhito Pramono. 

Ia menambahkan, "Kalo udh ngomong ke publisher pasti dijawab, ‘Nanti Kita Cari Yang Pake LaguUuNyaaAa’. Begitu mulu. Kayanya lagu gue udh jd public domain di Korea. Seperti: ‘FREE BMG MUSIC FOR YOUR EATING SHOW’."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya