Kuyang Tetap Bertahan Di Bioskop di Tengah Gempuran Film Asing

Film Kuyang yang bergenre horor masih tetap diminati di bioskop.

oleh Aditia Saputra diperbarui 28 Mei 2021, 20:30 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2021, 20:30 WIB
Film Kuyang akan tayang di bioskop pada 20 Mei 2021.
Film Kuyang akan tayang di bioskop pada 20 Mei 2021.

Liputan6.com, Jakarta Kuyang menjadi film Indonesia yang tayang di bioskop Tanah Air. Kuyang menjadi film drama-horor pekan ini yang harus bersaing ketat dengan pendatang baru pabrikan Hollywood yakni ; A Quiet Place part. 2 ( Paramount Pictures ) dan Cruella ( Disney ) yang dirilis pada Rabu kemarin di tanah air. 

Dibukanya kembali bioskop dengan protokol kesehatan yang ketat memberikan dampak positif yang signifikan bagi film-film nasional. Masyarakat mulai mendatangi bioskop-bioskop untuk memanjakan diri dengan selera hiburan film sesuai kehendaknya.

Tanpa kecuali, film Kuyang , yang hadir sepekan setelah perayaan Idul Fitri, juga memberikan dampak pasar yang positif. Kisah Kuyang dengan genre drama-horornya yang cukup menyita perhatian penonton yang dilepas pekan lalu di banyak bioskop tanah air, menggelembungkan varian taste suspense dan misteri yang cukup ber-energi.

Jadi wajar, bila hingga saat ini, film yang mengangkat local wisdom di Kalimantan ini masih banyak diminati penonton. Masyarakat Banjar ( Kalimantan Selatan ) punya keyakinan bahwa hantu Kuyang mampu dikalahkan oleh bawang merah berbonggol tunggal.

Kuyang adalah arwah perempuan nokturnal berupa kepala manusia dengan isi tubuh menempel tanpa kulit dan anggota badan yang dapat terbang mencari darah bayi atau darah perempuan yang telah melahirkan.

Makhluk ini dikenal masyarakat di Kalimantan, Kuyang sebenarnya adalah manusia (wanita) yang mengejar ajaran ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemain

Adegan film Kuyang
Adegan film Kuyang

Film Kuyang, produksi studio 786 Production dibintangi Arie Dwi Andhika, Zora Vidyanata, Anne J Cotto dan lainnya ini memiliki naluri drama yang cukup kuat untuk memaparkan mitologi Kuyang yang sebenarnya. 

Kuyang mencoba membungkus cerita drama pasangan suami istri yang harus menghadapi teror kematian. Di sebuah desa di Kalimantan, sepasang suami istri, Adi (Arie Dwi Andika) bersama istrinya bernama Reni (Zora Vidyanata) yang sedang hamil 7 bulan yang baru pindah ke daerah itu memulai kehidupan baru disana setelah direlokasi karena promosi dalam pekerjaan.  Semuanya normal pada awalnya dan hari-hari berlalu dengan bahagia dan damai untuk pasangan yang sudah menikah.

Namun nahas bagi Reni sebulan sebelum melahirkan, hal-hal aneh mulai terjadi. Pasangan tersebut didatangi arwah Kuyang yang menyamar menjadi dokter kandungan bernama Mayang dan berusaha membantu pasangan tersebut untuk melahirkan dengan lebih terlibat dalam kehidupan pasangan tersebut.

 


Penonton

Adegan film Kuyang
Adegan film Kuyang

Lalu bagaimana pasangan Adi dan Reni menuntaskan teror musibah yang dihadapi karena ulah Kuyang? 

“Saya yakin Kuyang akan mendapat jumlah penonton yang maksimal di akhir pekan ini, pasalnya penontonnya masih banyak kok. Yah kalau ada film asing yang baru dirilis, kami rasa , Kuyang punya penontonnya sendiri,“ jelas Sunarti Sain, Produser Kuyang, dalam keterangannya kepada wartawan, baru-baru ini.

Kuyang arahan Sonny Gumelar memiliki pijakan dramanya sendiri yang sangat ringan dengan aroma horror, suspense dan misterinya. Film yang kini masih di putar sebanyak 150 layar bioskop nasional ini mesti berjuang keras bersaing dengan A Quiet Place Part.2 dan Cruella.

 


Komentar

Sementara secara terpisah, produser Jakarta Horror Screen Festival 2021 ( sebuah ajang prestis penghargaan yang pertama  di Indonesia untuk film horor), Kicky Herlambang, saat dijumpai awak media di sela pembukaan Jakarta Horror Screen Festival 2021, Kamis (27/5) sore di Radio Dalam, Jakarta Selatan,  mengatakan, “seumpama masih ada beberapa film nasional yang masih diminati penonton  yang silakan pihak eksibitor mempertahankan layar tayangnya,”. 

“Tapi kalau sudah nggak kuat bertahan dengan kompetitornya ( film lainnya), yah sudah tahu diri saja, yah kan,” pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya