Mengenang Aminah Cendrakasih Mak Nyak Si Doel, Pengabdian Pada Dunia Seni Peran Hingga Akhir Hayat

Aktris senior Aminah Cendrakasih meninggal dunia di usianya yang ke 84 tahun.

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Des 2022, 12:03 WIB
Diterbitkan 22 Des 2022, 12:03 WIB
Aminah Cendrakasih dalam kenangan. (Foto: Dok. Instagram @sutykarno)
Aminah Cendrakasih dalam kenangan. (Foto: Dok. Instagram @sutykarno)

Liputan6.com, Jakarta - Aminah Cendrakasih meninggal dunia. Aktris senior yang dikenal dengan peran Mak Nyak Si Doel meninggal dunia dalam usia 84 tahun setelah berjuang melawan penyakit glukoma yang mengakibatkan dirinya mengalami kebutaan hingga lumpuh.

Mak Nyak Si Doel mengembuskan nafas terakhirnya di kediamannya pada Rabu (21/12/2022) pukul 19.30 WIB. Sejumlah insan film nasional, termasuk keluarga besar sinetron Si Doel Anak Sekolahan diliputi duka mendalam.

Kabar duka itu sempat dibagikan Instagram resmi sinetron Si Doel Anak Sekolahan @sidoelanaksekolahan. Doa pun dipanjatkan, semoga Aminah Cendrakasih diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun telah wafat Mak Nyak (Aminah Cendrakasih) pukul 20.00. Semoga Almarhumah diterima seluruh amal ibadahnya dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin YRA (alfatihah)," tulis akun tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Deretan Judul Film

[Fimela] Mak Nyak
[Foto: Repro/Adrian Putra/Bintang.com]

Semasa hidup, sederet judul film dan sinetron pernah dibintangi Aminah Cendrakasih. Sebut saja, film Oh Ibuku yang menjadi debutnya di tahun 1955.

Film Gadis Tiga Djaman dimana Aminah memerankan tokoh Wulandari, atau film Benyamin Raja Lenong dengan perannya sebagai Mimin. Sementara nama Aminah sendiri mulai dikenal luas sejak Aminah membintangi film Serampang 12 (1956) dan Asrama Dara (1958) bersama Nun Zairina.

 


Peran Mak Nyak

[Fimela] Mak Nyak
[Foto: Repro/Adrian Putra/Bintang.com]

Terlebih lagi ketika bermain sinetron Si Doel Anak Sekolahan, dimana Aminah berperan sebagai Nyak Lela alias Mak Nyak, ibu dari Doel yang dibintangi Rano Karno. Kesuksesannya memerankan karakter tersebut terus melekat, dan hingga kini dirinya lebih akrab disapa Mak Nyak.

Ya, begitu besar kecintaan Aminah kepada dunia akting. Di saat tubuhnya hanya terbaring di tempat tidur lantaran mengalami kelumpuhan dan kebutaan di kedua matanya, mendiang tetap bersemangat menjalani syuting film Si Doel The Movie.

Rano Karno selaku sutradara dan produser memang sempat berucap, tokoh Mak Nyak akan tetap menjadi milik Aminah Cendrakasih, bagaimana pun kondisinya.

 


Penghargaan

Bikin Haru, Ini 6 Momen Rano Karno Bantu Evakuasi Mak Nyak saat Banjir Jakarta
Rano Karno dan Mak Nyak (sumber: Instagram/si.rano)

Sejumlah penghargaan pernah diraih Aminah atas pengabdiannya dalam dunia seni peran. Ia diketahui mendapatkan Lifetime Achievement Award untuk Festival Film Bandung di tahun 2012, dan Indonesian Movie Actors Awards 2013.

Wanita kelahiran 29 Januari 1938 ini juga sempat menerima penghargaan Piala Maya 2019 untuk kategori penampilan singkat nan berkesan dalam film Si Doel The Movie.

Kecintaan Aminah terhadap dunia seni peran memang tak lepas dari lingkungan keluarga. Aminah merupakan putri dari pasangan pelawak Husni Nagib dan artis Wolly Sutinah (Mak Uwo), yang sudah mengenal dunia panggung. Aminah diketahui sempat bermain bersama ibunya untuk judul film Gambang Semarang. (M. Altaf Jauhar)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya