Konser Coldplay Tak Disenggol Meski Bentrok Jadwal dengan Piala Dunia U-17, Stadion JIS Direnovasi agar Layak Digunakan

Bentrok dengan Piala Dunia U-17, hingga kini tak ada isyarat konser Coldplay di SUGBK Jakarta akan diubah tanggal maupun lokasinya, pihak pemerintah pun merenovasi JIS.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 30 Jun 2023, 19:46 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2023, 19:46 WIB
Aksi Panggung Chris Martin di Berbagai Pertunjukan Coldplay
Ekspresi vokalis band Coldplay, Chris Martin saat tampil dalam konser tur Eropa pertama mereka di arena adu banteng Las Ventas di Madrid, Spanyol pada tanggal 26 Oktober 2011. (AP Photo/Paul White)

Liputan6.com, Jakarta Konser Coldplay yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 15 November 2023 mendatang, sempat tersenggol oleh jadwal Piala Dunia U-17 di mana Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. Piala Dunia U-17 rencananya akan dihelat pada 10 November hingga 2 Desember 2023, di antara jadwal konser Coldplay di Jakarta.

Sempat menjadi perbincangan, hingga kini tak ada isyarat konser Coldplay akan diubah tanggal maupun lokasinya. Pasalnya, pengumuman Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 memang lebih belakangan ketimbang rencana Coldplay tampil di Jakarta.

Kabar terbaru mengisyaratkan Jakarta International Stadium (JIS) akan segera direnovasi agar bisa digunakan sebagai lokasi pertandingan Piala Dunia U-17. Kabar itu ditekankan secara langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

Menurut Dito Ariotedjo pihak pemerintah akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta menyusul adanya usulan terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-17 agar berlokasi di Jakarta International Stadium.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Renovasi JIS Disampaikan Menpora Agar Bisa Digunakan sebagai Lokasi Piala Dunia U-17

Transjakarta Rute Stadion JIS-Senen Mulai Beroperasi
Bus Transjakarta menunggu penumpang di Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Selasa (1/3/2022). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai melakukan uji coba layanan non bus rapid transit (non BRT) rute 14 yang melayani trayek Stadion JIS - Senen. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menpora Dito menyampaikan, kegiatan renovasi meliputi perbaikan Ramp Timur Akses JIS. Kemudian, penyediaan tempat parkir untuk kendaraan pribadi.

"Kalau (renovasi) JIS sementara dari DKI. Tinggal kita kan asisten teknisnya," ungkapnya kepada awak media di di Kompleks DPP Partai Golkar, Palmerah, Jakarta, Kamis (29/6/2023), melansir Bisnis Liputan6.com.

"Karena kereta belum jadi, stasiun (KRL JIS) juga kan belum jadi," ungkapnya.

Meski begitu, Menpora Dito belum bersedia membocorkan informasi lebih detail terkait kapan dimulai renovasi JIS. Dia menyebut, pekan depan pihaknya akan mengajak Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk meninjau langsung kondisi JIS.

 

 


Pernyataan Pihak DPRD DKI Jakarta Soal Renovasi JIS

Grand Launching JIS Stadium: Persija Jakarta vs Chonburi FC
Suasana pertandingan dari atas tribun penonton saat laga persahabatan antara Persija Jakarta menghadapi Chonburi FC dalam rangka Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (24/7/2022). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sementara itu, Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta M. Taufik Zoelkifli (MTZ) menilai, Jakarta International Stadium (JIS) sudah sangat layak menjadi lokasi diselenggarakannya Piala Dunia U-17. Meski demikian, ia memiliki beberapa catatan fasilitas yang harus diperbaiki di sana.

“Sudah sangat baik. Cuman memang tidak ada yang sempurna. Jadi kaya ada kekurangan,” kata MTZ ketika dihubungi, Jumat (30/6/2023), melansir News Liputan6.com.

Sebagai contoh, MTZ berharap akses jalan ke JIS diperbaiki agar transportasi umum nyaman digunakan bagi orang yang ingin datang ke sana.

“Kalau tempat parkir, memang saran dari FIFA itu kan memang tidak memperbanyak atau meminimalisir tempat parkir supaya orang datang ke situ tidak memakai kendaraan pribadi tapi transportasi umum sehingga mengurangi polusi dan kemacetan,” ujar MTZ.

“Kemudian tentang akses. memang belum dibuka pintu-pintu lain. Katanya baru satu pintu karena belum dibuka yang lainnya dan tentang akses-akses ke situ memang harus diperhatikan lingkungannya seperti apa,” sambungnya.

 

Foto: Jakarta International Stadium (JIS) dalam Bingkai Masa, Resmi Dijajal Sang Tuan Rumah Persija Dihadapan Ribuan The Jakmania
Tribun penonton di Jakarta Internasional Stadium (JIS) sebelum laga International Youth Championship 2021 antara Barcelona U-18 melawan Atletico Madrid U-18 di Jakarta International Stadium, Jakarta, Jumat (15/04/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Perintah Presiden Jokowi Perihal JIS

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar Jakarta Internasional Stadium (JIS) Jakarta untuk direnovasi sesuai standar. Hal itu, menyusul adanya usulan terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-17 digelar di JIS.

"Memang beberapa catatan buat Jakarta Internasional Stadium (JIS) itu terkait pintu ya, akses pintu, parkir, dan apa saya lupa.Karena memang Bapak Presiden juga menginginkan JIS direnovasi sesuai standar," kata Menpora Dito Ariotedjo, saat ditemui di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (28/6).

Kendati demikian, dia belum bisa memastikan apakah JIS akan digunakan untuk Piala Dunia U-17. Sebab, Indonesia memiliki 22 stadion untuk digunakan.

"Nah ini kalau untuk Piala Dunia U-17 kita akan membahas selanjutnya. Tapi yang pasti target kita adalah, dari Bapak Presiden adalah 22 stadion di Indonesia ini bisa digunakan kapanpun," ujar dia.

Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia
Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia.  (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya