Donny Alamsyah Bintangi Film Horor Sengkolo Malam Satu Suro Setelah 19 Tahun Berkarier, Ini 3 Alasannya

Donny Alamsyah menguak 3 alasan akhirnya mau membintangi genre horor setelah 19 tahun berkarya. Ia tampil dalam film Sengkolo Malam Satu Suro.

oleh Wayan Diananto diperbarui 14 Jun 2024, 22:46 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2024, 22:00 WIB
Donny Alamsyah
Donny Alamsyah menguak 3 alasan akhirnya mau membintangi genre horor setelah 19 tahun berkarya. Ia tampil dalam film Sengkolo Malam Satu Suro.

Liputan6.com, Jakarta Aktor Donny Alamsyah jelas bukan nama baru di industri film Tanah Air. Berkarier sejak 2005 lewat film Gie bareng Nicholas Saputra, kini ia tampil dalam film horor Sengkolo Malam Satu Suro karya sutradara Hanny R. Saputra.

Donny Alamsyah menguak 3 alasan akhirnya mau membintangi film horor setelah 19 tahun berkarya. Pertama, karena genre memedi belum pernah dijajal. Pernah, ia membintang horor namun lebih ke thriller.

ā€œIni film horor pertama saya yang total horor. Sebelumnya ada horor tapi saya rasa lebih ke thriller. Yang ada sosok menyeramkan, ada hantunya, ini baru pertama kali,ā€ beri tahu Donny Alamsyah.

Kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Jumat (14/6/2024), bintang film The Raid menjelaskan alasan kedua, yakni skrip bagus. Awalnya, Donny Alamsyah meragukan horor, namun naskah Sengkolo Malam Satu Suro membuatnya yakin.

Ā 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alhamdulillah, Skrip Bagus!

Donny Alamsyah
Donny Alamsyah menguak 3 alasan akhirnya mau membintangi genre horor setelah 19 tahun berkarya. Ia tampil dalam film Sengkolo Malam Satu Suro.

ā€œAlhamdulillah, ini saya dapat skrip bagus. Awalnya, saya punya keraguan dengan genre horor. Begitu saya coba baca skripnya, itu yang menggugah saya untuk: Oke, ini bagus ceritanya,ā€ ia menyambung.

Terakhir, penyusunan adegan yang menarik. Ketegangan dibangun perlahan. Saat membaca naskah, Donny Alamsyah membayangkan bagaimana rasa takut terbit kemudian menjadi kenyataan.

Ā 


Rasa Takut Terbit Perlahan

Donny Alamsyah
Donny Alamsyah direkrut untuk memperkuat film horor baru Sengkolo Pemandi Mayat karya sutradara Hanny R. Saputra di bawah naungan MVP Pictures. (Foto: Dok. Instagram @donnyalamsyah)

Hanny R. Saputra menjadikan Sengkolo Malam Satu Suro sebagai horor yang tidak mengobral musik gedombrangan dan penampakan sekadar untuk menakut-nakuti penonton. Ini membuat Donny Alamsyah makin yakin terlibat.

ā€œSaya membayangkan, rasa takutnya dibangun perlahan sampai kejadian. Bukan sekadar jump-scare. Ada bangunan (drama) yang kuat. Mas Hanny enggak hanya concerned di elemen horor, tapi di rasa dan dramanya,ā€ kata Donny Alamsyah.

Ā 


Memerankan Pemandi Jenazah

Poster film Sengkolo Malam Satu Suro. (Foto: Dok. MVP Pictures)
Poster film Sengkolo Malam Satu Suro. (Foto: Dok. MVP Pictures)

Dalam Sengkolo Malam Satu SuroĀ rilisan MVP Pictures, Donny Alamsyah memerankan pemandi jenazah bernama Ibrahim yang baik dan tulus membantu penduduk desa. Sebuah tragedi membuat Ibrahim mempertanyakan keberadaan hingga keadilan Tuhan.

Donny Alamsyah menyadari, genre horor mendominasi bioskop beberapa tahun terakhir. Ia optimistis Sengkolo Malam Satu Suro yang tayang di bioskop mulai 20 Juni 2024 memberi warna baru dengan kualitas di atas rata-rata.

ā€œKalau ada seseorang merendahkan horor, itu salah. Baik buruknya film tergantung film maker-nya. Bukan karena genre. Genre tidak menentukan hirarki dan kualitas. (Ibarat kudapan) genre adalah rasa yang ditawarkan ke penonton,ā€ tutupnya.

infografis journal
infografis journal 5 Film Horor Indonesia dengan Jumlah Penonton Terbanyak. (LIputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya